Persiapan Psikologis Sebelum Mengatur Keuangan Pribadi Secara Profesional

Ok, sekarang bila Anda susah mantap ingin mengelola keuangan keluarga secara profesional maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

  1. Mental. Menurut saya ini merupakan syarat paling utama, karena ketika anda memutuskan ingin mengelola keuangan keluarga secara profesional, maka terlebih dahulu mental Anda harus siap. Ini berarti Anda harus siap memiliki punyaattitude layaknya seorang manajer keuangan di sebuah perusahaan. Konsekuensinya juga Anda harus siap melakukan aktivitas-aktivitas keuangan yang selama ini tidak biasa Anda lakukan.
  2. Memberikan pengertian pada keluarga (terutama pada anak). Ini perlu dilakukan agar keluarga kita mulai terkondisikan dengan aktivitas pengelolaan keuangan keluarga, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif untuk mendukung lancarnya proses pengelolaan sehari-hari.
  3. Membuat komitmen dengan pasangan. Tanggungjawab pengelolaan keuangan keluarga bukan hanya pada istri atau suami saja. Sebaiknya kedua-duanya ikut terlibat aktif dalam pengeloaan sehari-hari. Hal ini dilakukan agar tercipta sebuah tim kerja yang solid dan tangguh.
  4. Disiplin. Salah satu kesuksesan dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah disiplin. Karena aktivitas keuangan keluarga dilakukan setiap hari, maka kedisiplinan dalam melakukan pencatatan memegang kunci sukses tidaknya pengelolaan keluarga. Disiplin di sini dapat diterapkan dalam hal pencatatan keuangan atau juga disiplin dalam mengikuti kaidah-kaidah manajemen keuangan keluarga yang baik.
  5. Memiliki tekad yang kuat dan semangat membara untuk sukses dalam mengelola keuangan keluarga.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga. Bookmark the permalink.

3 Responses to Persiapan Psikologis Sebelum Mengatur Keuangan Pribadi Secara Profesional

  1. ayyashiyahya says:

    assalamu’alaikum

    teman, tulisan inih sayah kasih tau ke teman-teman sayah di http://www.myuran.org yah? cuba kamu masuk porum tersebut , ada diskusi tentang perencanaan keuangan keluarga kok …nha kamuh bagi-bagi elmu di situh inih link nyah :

    http://myquran.org/forum/index.php/topic,16095.0.html

    Like

  2. Ardiansyah says:

    Insya allah saya akan ikut berpartisipasi, semoga bisa berbagi teman dan ilmu.

    Like

  3. Pingback: Terjebak Mitos Bisnis Modal Dengkul dan Bisnis Tanpa Resiko « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s