Produk Konsumtif Mengalami Pergeseran/Perluasan Makna?

 

global-common-man-driving-car-330×220.jpg

Kemarin sore/malam? di MetroTV ada acara dialog tentang prospek perusahaan pembiayaan ke depan yang dihadiri oleh ketua dan wakil dari asosiasi perusahaan pembiayaan (APP) dan pak Johny Darmawan dari Toyota Astra Motor.

Ada satu pernyataan menarik dari  wakil ketua APP yang berusaha mengklarifikasi bahwa adalah tidak selamanya benar kalau produk konsumtif itu membuat orang menjadi boros/konsumtif. Beliau menegaskan bahwa produk konsumtif seperti HP, laptop, mobil, motor, rumah adalah produk yang membuat produktif.  Beliau mencontohkan bahwa kalau orang menggunakan kendaraan menuju kantor/tempat kerja tentu untuk sesuatu yang produktif.

Terus terang dari sana saya sendiri mendapatkan sebuah pencerahan, bahwa memang selama ini dalam pengelolaan keuangan yang baik menyarankan agar sangat berhati-hati bila hendak membeli produk konsumtif. Alasannya adalah produk konsumtif selalu mengalami penurunan harga dari waktu ke waktu dan hampir sama sekali tidak produktif (dalam artian produk tersebut tidak bisa menghasilkan uang kembali seperti halnya bunga deposito, hasil menyewakan rumah/ruko, deviden saham, dll), sehingga secara keseluruhan menurunkan nilai aset total yang kita miliki. Di samping itu, bila produk tersebut dibeli secara kredit kita akan membayar bunga yang lumayan besar.

Dengan adanya pernyataan dari APP tersebut semoga sedikit banyak memberikan pencerahan kepada kita semua.

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial. Bookmark the permalink.

2 Responses to Produk Konsumtif Mengalami Pergeseran/Perluasan Makna?

  1. Pingback: Terjebak Mitos Bisnis Modal Dengkul dan Bisnis Tanpa Resiko « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Berfikirlah 1000 Kali Bila Hendak Membeli Mobil Dengan Cara Kredit « cahbolinggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s