Membuat APBK (Anggaran Pendapatan & Belanja Keluarga)

image002.gif

Langkah awal dalam mempraktekkan manajemen keuangan keluarga secara profesional adalah dengan membuat APBK (Anggaran Pendapatan & Belanja Keluarga). Sebenarnya setiap keluarga sudah menerapkan APBK, contohnya pasti kita selalu ingat bahwa setiap tanggal 20 harus membayar rekening listrik dan telepon. Setiap tanggal 10 harus membayar SPP anak, tiap tanggal 30 menservis kendaraan. Semua itu menunjukkan bahwa setiap keluarga sebenarnya sudah memiliki APBK, tapi bedanya tidak ditulis setiap awal bulan, dan tidak dicatat realisasinya. Sehingga jangan heran bila kita sering mendengar, “…perasaan baru kemarin deh pegang uang 1 juta, kok sekarang tinggal 100 ribu…”

Oleh karena itu APBK sangat penting diterapkan dalam manajemen keuangan keluarga Anda karena ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, misalnya :

 

  • Menentukan target pendapatan dan pengeluaran
  • Mengetahui sejauh mana realisasi dari APBK tersebut
  • Mengendalikan “hasrat” membelanjakan uang di luar yang dianggarkan, sehingga mampu menekan kebocoran anggaran.
  • Meningkatkan semangat untuk memenuhi realisasi pendapatan, dll.

 

 

 

 

Tentang MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis. Tandai permalink.

6 Balasan ke Membuat APBK (Anggaran Pendapatan & Belanja Keluarga)

  1. Bu Eno berkata:

    Sebenarnya kami sering membuat APBK tiap bulannya. Namun baik suami ataupun saya bukan seorang pegawai yang tiap bulannya mendapatkan gaji yg pasti tapi kami mengelola usaha kecil2an di bidang Desain Grafis, jadi kami kesulitan menentukan jml pendapatan yg akan diterima. Akhirnya APBK tidak ada gunanya. Bgm donk kasih solusi biar kami bisa memenej keuangan keluarga dgn bijaksana ..?

  2. MFA-WP berkata:

    Ibu Eno, tidak masalah apakah keluarga ibu bukan sebagai karyawan/pegawai. Yang penting ibu mulai membiasakan diri untuk melakukan anggaran tersebut. Buat saja target-target pendapatan dan pengeluaran ibu tiap bulan.
    Berita bagusnya lagi, dengan menggunakan software MyFamily Accounting, itu semua dapat dengan mudah ibu lakukan sehingga akan dapat diketahui berapa proyeksi surplus/defisit keluarga dalam bulan yang dianggarkan.
    Begitu pula dengan mudahnya ibu nanti memantau antara anggaran dan realisasi, berapa jumlah nominal dan persentase anggaran yang sudah direalisasi.
    Misalnya dalam anggaran ibu telah menetapkan belanja bahan bakar kendaraan adalah Rp.150.000, dengan mudah ibu nanti akan melihat berapa persen anggaran tersebut sudah terpakai.

    Semoga membantu.

  3. Ping balik: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

  4. Ping balik: Kiat Mengatasi Perilaku Impulse Buying « MyFamily Accounting

  5. nuripa berkata:

    berikan donk contoh pembukuannya

  6. lia berkata:

    Team MFA,

    Kok aku coba download yang free software-nya ga bisa ya?
    Apakah udah gak berlaku lagi kah?

    Thanks..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s