Mengidentifikasi Keperluan Masa Depan

Coba kita telaah dengan serius sebenarnya sebuah keluarga itu sangat banyak keperluan yang akan dipenuhinya di masa datang yang biayanya bisa dikatakan cukup besar. Mari kita daftar satu persatu :

  1. Pernikahan
  2. Kelahiran Anak (pertama, kedua, ketika, keempat, dan seterusnya untuk kelahiran normal atau operasi caesar)
  3. Rumah Tempat Tinggal
  4. Kendaraan (sepeda motor, mobil)
  5. Sekolah Anak (biaya masuk playgroup, TK, SD, SMP, SMA, S1 untuk anak pertama, kedua, ketiga, keempat, dst. Ini belum termasuk biaya bulanan sekolah/SPP, dsb)
  6. Naik Haji
  7. Liburan ke Luar Negeri (tiap tahun)
  8. Kejadian di luar rencana/dugaan (musibah kecelakaan/kematian, dll)

Nah, bila kita total seluruh keperluan masa depan tersebut jumlahnya saya yakin sekali mencapai ratusan hingga miliaran rupiah! Bayangkan bila semua keperluan tersebut tidak kita siapkan sejak dini, apa yang terjadi dengan kondisi keuangan rumah tangga kita? Untuk itulah lagi-lagi perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga yang baik memegang peranan vital. Sudahkah Anda menerapkannya ?

 

 

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s