Kesadaran Para Selebritis Dengan Kebutuhan Finansial Masa Depan

image938.jpg

Tanggal 16 kemarin, beberapa kali saya melihat siaran televisi yang membahas tentang pengelolaan keuangan pribadi dan keluarga. Pertama di acara Oprah Winfrey Show di MetroTV, lalu di acara infotainment.

Di acara Oprah, ditampilkan tentang keluarga yang menerima warisan dalam jumlah yang sangat besar, dan bagaimana mereka menggunakan uang tersebut. Kemudian juga ditampilkan bagaimana seorang tunawisma yang memperoleh uang US$100.000 (setara hampir 1 miliar rupiah) di tong sampah. Bagaimana ekspresi pertama kali tunawisma tersebut yang kaget, bingung, panik bukan kepalang bahkan hampir menangis melihat uang sebanyak itu yang dikemas dalam sebuah tas koper. Selanjutnya mulailah ia “berpetualang” untuk menggunakan uang tersebut, mulai dari menyewa rumah yang punya penghangat ruangan. Membagi-bagikan uangnya ke teman, membeli truk untuk dirinya dan temannya sebuah mobil. Intinya yang saya tangkap adalah bagaimana acara tersebut ingin menguji seseorang bagaimana dan apa yang ia lakukan ketika mendapatkan uang dalam jumlah yang besar, digunakan untuk kegiatan konsumtif atau mengelolanya dengan cerdas dan bijak. Tapi ada satu hal yang membuat saya terus ingat sampai sekarang dengan apa yang dikatakan tunawisma tersebut yaitu “…setelah saya memegang uang 100 ribu dolar, ternyata saya sadar uang itu tidak terlalu banyak jumlahnya…”.

Kemudian sore harinya, tidak sengaja melihat acara infotainment (he..he.. gak sengaja, atau emang udah terjadwal?) yang menampilkan bagaimana artis-artis senior yang dulu sangat “laris” menghasilkan pundi-pundi uang, sekarang di usia senjanya harus bergelut untuk memenuhi kebutuhan hari tua setelah mereka tidak “laris” lagi. Banyak artis senior yang bahkan harus menghabiskan uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah karena berkutat dengan berbagai penyakit mulai dari kanker, tumor, dll. Kita bisa bayangkan darimana mereka harus mendapatkan uang disaat mereka tidak produktif lagi. Dari sana kemudian ditampilkan bagaimana artis seperti Rima Melati, Titik Puspa yang sudah sadar dengan fenomena di atas dan sudah menyiapkan sejak jauh hari akan pentingnya membuat “aliran” pemasukan lain selain menjadi artis. Rima Melati misalnya, sudah sejak lama membuka usaha restoran yang saat ini sudah berkembang menjadi tujuh cabang. Kemudian tidak kalah artis Titiek Puspa yang sudah sekian tahun bergelut di bisnis catering. “Mbah” Titiek mengungkapkan hasil dari usahanya inilah bisa digunakan untuk keperluan misalnya kalau anak sakit, sekolah anak, dan keperluan yang berarti hasil dari ia menjadi artis tidak terlalu diutak-atik.

titik6.jpg

Dari sinilah kita melihat bahwa artis pun sadar bahwa “aliran” uang yang begitu deras masuk ke rekening mereka ketika masih produktif tidak akan lama bertahan, untuk itu mereka sudah siap-siap sejak dini membuat aliran uang lagi yang bisa menjamin masa depan finansial mereka kelak, dan artis-artis muda sekarang ternyata sudah menjadi semacam kebiasaan untuk melakukannya. Tengoklah Titi Kamal yang membuka bisnis restoran makanan Sunda, Tukul Arwana yang membuka rumah makan, Eko Patrio, Helmy Yahya yang berbisnis PH, Tantowi Yahya dengan bisnis busana country dan music label, Inul Daratista dengan bisnis karaoke Inul Vizta, Indra L Brugman yang rutin berinvestasi dan masih banyak lagi artis muda lain yang melakukan bentuk bisnis lain seperti menanamkan uangnya di investasi, saham, reksadana, dll.

Intinya yang kita bisa petik dari uraian di atas adalah, sudah saatnya kita menyiapkan kebutuhan finansial untuk memenuhi kebutuhan masa depan, dan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan membuka bisnis, menanam investasi di saham, reksadana, properti, dll. Tapi yang perlu diingat semuanya harus melalui perencanaan yang matang dan perhitungan yang jeli agar bisa menghasilkan keuntungan dan bukannya kerugian.

Foto 1 Hasil jepreten di TV Tanggal 16 Juni 2007, Foto 2. http://www.indomedia.com/intisari/1997/november/images/titik2.jpg&imgrefurl=http://www.indomedia.com/intisari/1997/november/titiek.htm

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga. Bookmark the permalink.

One Response to Kesadaran Para Selebritis Dengan Kebutuhan Finansial Masa Depan

  1. Titik Puspa says:

    Terima kasih atas infonya ~_0

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s