Bangsa Indonesia Bangkrut

 gbrmoneter.jpg

Lihatlah data keuangan negara kita saat ini, ternyata bangsa kita ini dalam keadaan bangkrut, karena ternyata utang kita lebih besar dari seluruh aset (walaupun banyak aset yang belum terdata).

Profil Aset Pemerintah

Nilai aset negara yang tercatat dalam neraca pemerintah hingga 31 Desember 2006 sebesar Rp. 1.253,71 triliun

Nilai kewajiban dalam neraca pemerintah hingga 31 Desember 2006 sebesar Rp. 1.318,16 triliun

Kekayaan bersih pemerintah per 31 Desember 2006 minus Rp. 64,45 triliun, sementara kekayaan bersih pemerintah per 31 Desember 2005 minus Rp. 168,92 triliun

Kekayaan bersih pemerintah minus karena pemerintah belum memperbaharui nilai asetnya atau belum menginventarisasi aset dengan benar

Perimbangan aset dan kewajiban dalam neraca merupakan indikator kesehatan keuangan negara karena disetarakan dengan neraca sebuah perusahaan

Jika set negara lebih banyak dari kewajiban, diharapkan daya tawar Indonesia dalam negosiasi internasional akan meningkat.

Sumber : Departemen Keuangan dikutip dari Kompas tanggal 13 Juni 2007

Foto : http://www.bi.go.id/msmbiweb/asset/image/GbrMoneter.jpg

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Fenomena, Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga. Bookmark the permalink.

6 Responses to Bangsa Indonesia Bangkrut

  1. ub4n says:

    Bolehkah saya bertanya, berdasarkan apa anda ber-asumsi seperti itu?
    saya kira dan lebih arif jika permasalahan ini jangan dilihat dari sisi jeleknya saja….
    ada pepatah mengatakan: “…apa yang sudah kita berikan kepada bangsa ini…”
    nah jika anda memang perhatian dengan bangsa ini,berikan solusi dengan apa yang kita punya….
    terlepas dari penyalah gunaan wewenang pemerintah kita, yang penting kondisi dari apa yang anda gambarkan tidak seluruh benar.
    sebagai contoh…: saat sebelum krismon, banyak orang yang tidak kredit motor tetapi pada saat ini banyak yang kredit motor….dll
    jadi indikator – indikator seperti inilah yang juga harus anda perhatikan, karena terjadinya ke bangkrutan bangsa ini pula, menjadi beban kita semua dan kesalahan dari sebuah rezim yang telah memutarkan keadaan sesungguhnya selama 32 tahun.
    seperti nasehat seorang sepuh bangsa yang masih hidup saat ini berkata : ….saatnya kita ikatkan tali pinggang kita….perjuangan kita ternyata belum selesai….meski keyakinan kebangkrutan itu masih terlalu jauh terjadi di indonesia, bahkan kalau perlu kita bikin bangkrut bangsa lain….ada caranya dan sangat mudah…..tetapi pemerintahan ini harus bersih dulu…..sampai waktunya tiba untuk kesejahteraan bangsa ini tiba…..

    jadi…jangan dilihat dari sisi negatifnya dong….saya sangat tidak setuju karena dalam rencana reformasi yang sesungguhnya adalah menurunkan rezim yang otoriter selama 32 tahun tetapi hal ini disalah artikan oleh elemen bangsa ini juga….

    Jadi…anda tentu mengerti jika melihat dari sisi lain anda akan kewajiban sebagai WNI ??? saya pun demikian…..!!!!

    Like

  2. Daniel says:

    Mungkin bangsa kita memiliki asset minus.

    Bangkrut itu kalau tidak dapat membayar utang pada saat jatuh tempo. Bukan karena asset minus. Perusahaan yang memiliki asset minus tetapi cash flow lancar, justru adalah perusahaan yang paling efisien.

    Like

  3. joycekartika says:

    Menurut saya bangsa ini bisa bangkrut karena oknum oknum koruptor dimana mana

    Like

  4. MFA-WP says:

    #ub4n
    Ya dari sisi pandangan Anda saya sepakat, memang saya hanya memfokuskan pada satu sisi saja yaitu tentang kondisi keuangan bangsa kita, jadi tidak ada variabel lain yg saya nilai. Kalo mau memandang secara makro memang banyak aspek yg harus kita lihat. Konteks blog ini kan hanya melihat tentang keuangan saja.

    #Daniel
    Yang saya pahami bangkrut itu kalo seluru aset kekayaan kita 100% berasal dari utang. Kalo tidak mampu membayar utang itu namanya gagal bayar/default.

    #joycekartika
    Salah satu penyebabnya iya betul itu. Bayangkan kalo aparat bisa mengambil uang dari seluruh koruptor dan mencega tindakan korupsi plus pembalakan liar. Intinya kalo negara kita ini bisa diurus maka kita bisa menjadi negara yg makmur

    Like

  5. kurtubi says:

    Jadi merinding deh, di atas kepalaku dan generasi setelahku akan menanggung hutang berjibun… benar2 99+1 ceppe deeeh!

    Like

  6. Pingback: Kalau Cuma Angan Terbang Saja Kalau Berani « SANTRI BUNTET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s