MULTI CURRENCY

MyFamily Accounting telah menyediakan fasilitas multi currency untuk mengakomodasi para keluarga yang sering menggunakan mata uang asing.Gambar di bawah ini merupakan tampilan menu utama Mata Uang.

Menambah Mata Uang

Lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Klik menu Akuntansi > Mata Uang.

2. Isi nama, simbol, dsb seperti gambar di bawah ini.

Membuat Akun Multi Currency

Misalnya Anda memiliki uang tunai dalam mata uang US Dolar, maka cara menerapkan Multi Currency adalah:

1. Buatlah dulu akun kas tunai dalam mata uang dolar dengan cara klik menu Akuntansi > Pengelolaan Akun.

2. Klik akun Harta > Harta Lancar > Kas > Kas Tunai. Kemudian lakukan Buat Sub akun di bawah akun Kas Tunai misal nama akunnya Kas Tunai Ayah Dolar.

Menggunakan Fasilitas Multi Currency
Misalnya pada Catatan Kekayaan Awal Anda ingin menuliskan jumlah uang tunai dalam mata uang Dolar maka lakukan langkah berikut ini:

1. Klik menu Akuntansi > Catatan Kekayaan Awal.

2. Pada bagian Jumlah di baris akun Kas Tunai Ayah Dolar, Anda tekan tombol F3 pada keyboard.

3. Pada inputan kurs Dalam US Dolar Anda masukkan jumlah nominalnya dalam dolar, misalnya pada contoh gambar adalah sebesar 200 Dolar.

Transaksi Pengeluaran

Misalnya Anda melakukan transaksi pembelian sebuah buku seharga US$ 59. Berikut ini adalah cara melakukan pencatatan transaksinya.

Buatlah sebuah akun pengeluaran khusus dalam mata uang dolar. Misalnya adalah akun dengan nama Buku Dolar. Perhatikan gambar di bawah ini.


Selanjutnya Anda masukkan transaksinya dengan membuka form transaksi pengeluaran, seperti pada gambar di bawah ini.
Pada baris pertanyaan nomor 4. Pembayaran ini untuk biaya apa?, Anda pilih akun Buku Dolar, setelah itu tekan tombol F3 pada keyboard. Kemudian Anda isi berapa jumlah pengeluaran dalam Dolar. Klik tombol OK untuk kemudian jumlahnya akan otomatis tampil dalam setelah terkonversi dalam mata uang rupiah.

Transaksi Pendapatan

Misalnya Anda menerima pendapatan dari hasil menyewakan apartemen yang jumlahnya sebesar USD 150. Untuk mencatat transaksinya lakukan langkah-langkah berikut ini.

Buatlah akun khusus untuk pendapatan dalam mata uang asing misalnya Sewa Apartemen Dolar.
Selanjutnya Anda masukkan transaksi pencatatannya dengan membuka form transaksi pendapatan,
Pada baris pertanyaan nomor 4. Pendapatan ini berasal dari mana?, Anda pilih akun Sewa Apartemen Dolar, setelah itu tekan tombol F3 pada keyboard. Kemudian Anda isi berapa jumlah pemasukan dalam Dolar. Klik tombol OK untuk kemudian jumlahnya akan otomatis tampil dalam setelah terkonversi dalam mata uang rupiah.

Selengkapnya Anda bisa lihat pada seluruh gambari di bawah ini.

Catatan:
Pada intinya setiap Anda akan melakukan transaksi atau pencatatan dengan mata uang asing, maka satu mata uang dibuatkan satu akun khusus sesuai mata uanganya tersebut. Jadi bila Anda melibatkan mata uang IDR (Rupiah), EU (Euro), USD (US Dolar), RM (Ringgit Malaysia), maka Anda harus membuat empat akun khusus untuk seluruh mata uang asing tersebut.

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

2 Responses to MULTI CURRENCY

  1. Masalan says:

    Terima Kasih atas balasannya..
    lalu bagaimana bila kita melakukan Fasilitas Pemindahan Kas Multi currency ?..semisal kita memiliki kas dollar dan kita melakukan penukaran Currency dari dollar ke mata uang yg diinginkan ( misalnya Korea Won ) dan pindah ke kas Korea Won utk digunakan.

    Terima kasih

    Like

  2. Iyan says:

    Masih ada yang belom terjelaskan juga pak.
    Sekarang bagaimana dengan posisi currency yang berubah – ubah?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s