Membuat APBK

Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga (APBK)

Bagi sebagian kecil keluarga mungkin ada yang sudah biasa melakukan anggaran secara rutin, namun kemungkinan besar keluarga kita banyak yang belum biasa menerapkan APBK. Oleh karena itu bila ingin menggunakan program MyFamily Accounting secara tidak langsung Anda akan sedikit ”dipaksa” untuk mulai membiasakan melakukan APBK secara rutin.
Secara singkat APBK adalah sebuah aktivitas keuangan keluarga yang berfungsi sebagai target pemasukan dan pengeluaran yang diharapkan dalam periode tertentu (biasanya per bulan). APBK biasanya dibuat setiap awal bulan atau bisa juga dibuat untuk setahun sekaligus. Komponen utama dari ABPK adalah akun-akun Pendapatan dan Biaya. Dari ABPK Anda akan dapat mengetahui aliran kas masuk dan keluar dan juga laba/rugi.

Untuk menggunakan fasilitas APBK klik menu Akuntansi > APBK. Lalu pilih bulan apa APBK yang akan dibuat.

Kemudian Anda tinggal mengisi saja jumlah nominal APBK yang akan dibuat, baik di bagian Pendapatan maupun Belanja.

Apabila Anda telah memiliki data keuangan selama beberapa bulan yang lalu, Anda bisa membuat APBK secara otomatis. Artinya Anda akan memiliki data APBK yang hampir mendekati dengan perilaku Pendapatan dan Belanja yang sudah dilakukan selama ini.

Untuk membuat APBK secara otomatis Anda tinggal mengklik tombol Otomatis di bagian kiri bawah form APBK. Kemudian pilih Anda akan menggunakan data keuangan berapa bulan yang lampau.

Dari sana Anda akan mendapatkan APBK baru berdasarkan historis Pendapatan dan Belanja yang telah Anda lakukan beberapa bulan yang lalu. Misalnya Anda menggunakan berdasarkan data keuangan tiga bulan yang lalu, maka nanti APBK otomatis akan menghitung dan menampilkan rata-rata Pendapatan dan Belanja berdasarkan tiga bulan yang lalu.

*****


Update

Pada tanggal 1 Januari 2017 MyFamily Accounting akan merilis aplikasi versi private beta yang bisa digunakan di Web dan Android. Versi terbaru ini akan tetap sepenuhnya gratis tanpa dikenakan biaya apapun!

Segera daftarkan diri Anda sebagai salah satu dari 5000 pengguna eksklusif pertama dengan memasukkan email pada form di bawah ini:

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

3 Responses to Membuat APBK

  1. Pingback: Beratnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Susahnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Pentingnya Memiliki Dana Darurat « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s