Manajemen Akun

Akun merupakan komponen terpenting dalam program MyFamily Accounting, karena dengan akun seluruh data keuangan Anda dapat disimpan, dikelompokkan, diolah dan dibuat laporannya menjadi laporan keuangan yang benar-benar bermanfaat dan informatif. Untuk memudahkan Anda, lihat tabel di bawah ini untuk membantu Anda dalam memahami akun.


Dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa ada lima kelompok akun utama yang terdiri dari akun Harta, Pendapatan, Pengeluaran, Hutang dan Modal. Nah, di dalam kelompok-kelompok tersebut memiliki sub-akun lagi

Membuat Akun

Untuk membuat akun baru sangat mudah, Anda tinggal pilih akan membuat akun di dalam kelompok mana (misalnya Harta, Pendapatan, Biaya, Hutang, Modal). Kemudian Anda tentukan apakah akun tersebut merupakan sub-kelompok akun atau bukan. Misalnya, di dalam kelompok akun Harta, Anda akan membuat kelompok akun Bank yang berisi daftar akun rekening tabungan yang Anda dan keluarga miliki. Maka Anda harus membuat dua akun baru yaitu pertama akun kelompok Bank dan di dalam akun bank ini baru dibuat akun bank misalnya Bank BNI.

Langkah-langkahnya, pada form Daftar Akun klik tombol Buat Sub. Lalu pada form Akun Baru Anda masukkan nama akunnya, misalnya akun Bank BNI. Lihat gambar di bawah ini.


Membuat Akun Harta Tetap (Fixed Asset)

Harta tetap memiliki beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika membuat akunnya. Hal ini dikarenakan adanya komponen penyusutan nilai harta (deprisiasi) dan kenaikan nilai harta (apresiasi). Misalnya contoh Anda memiliki sebuah TV Samsung LCD seharga 5 juta, maka untuk membuat akunnya Anda lakukan langkah berikut:

  1. Klik kelompok akun Harta > Harta Tetap > Produk Elektronik.
  2. Buat Sub-Akun baru. Lalu isi seperti gambar di bawah ini.

Pada pilihan Penyusutan, Anda pilih apakah Otomatis atau Manual. Bila memilih Otomatis, maka setiap bulan nilai ekonomis produk tersebut akan berkurang dengan sendirinya.

Gambar di bawah ini menunjukkan daftar kelompok akun Harta.

Gambar di bawah ini menunjukkan daftar kelompok akun Pendapatan.

Membuat Akun Biaya Rutin

Setiap bulan pasti Anda sering melakukan pembayaran rutin seperti membayar tagihan telepon, listrik, membayar cicilan hutang, bayar SPP sekolah anak, dsb. Salah satu fasilitas yang disediakan MyFamily Accounting Anda dapat membuat semacam pengingat atau reminder sehingga bakal tidak telat melakukan pembayaran rutin tersebut. Seperti contoh di bawah ini kita akan membuat akun biaya Listrik yang jatuh tempo pembayarannya tiap tanggal 13. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Klik kelompok akun Biaya > Rumah Tangga
  2. Klik buat Sub-Akun baru.
  3. Isilah data-datanya seperti gambar di bawah ini.

Gambar ini bawah ini menunjukkan kelompok akun Biaya.


Membuat Akun Hutang Kartu Kredit

Salah satu fasilitas menarik MyFamily Accounting adalah tersedianya fasilitas manajemen kartu kredit. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk dapat memantau berapa persen penggunaan kartu kredit dari limit yang diberikan, berapa persen jumlah hutang yang sudah dibayar/cicil dan bahkan Anda bakal tahu juga berapa jumlah bunga yang bakal dibayarkan bila membayar setelah tanggal cetak tagihan. Untuk itu Anda harus membuat akun Hutang Kartu Kredit lalu mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kelompok akun Hutang > Hutang Jangka Pendek > Kartu Kredit.
  2. Klik tombol Buat Sub-Akun baru.
  3. Lalu isilah data-data seperti gambar di bawah ini.

Catatan: Lihatlah lembar tagihan bulanan kartu kredit Anda untuk dapat mengisi data-data kartu kredit seperti gambar di atas.

Gambar di bawah ini menunjukkan kelompok akun Hutang.

Membuat Akun Tabungan
Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika membuat akun tabungan. Karena ada dua tipe tabungan, yaitu tabungan sebagai tempat menyimpan uang sementara untuk bisa diambil sewaktu-waktu, atau tabungan khusus untuk menyimpan dalam jangka panjang (jangka waktu tertentu) yang ditujukan untuk tujuan finansial keluarga.
Mengapa pembedaan ini penting? Karena di akun ini Anda diminta untuk menentukan, karena bila Anda memilih sebagai tabungan untuk penyimpanan jangka panjang maka ini akan menjadi bahan pencatatan dalam indikator Rasio Kekuagan Menabung yang bisa Anda lihat di pembahasan subbab mengenai Memahami Hubungan Panel Indikator MyFamily Accounting.
Gambar di bawah menunjukkan pembuatan akun tabungan, pastikan Anda memberi tanda centang agar bisa masuk perhitungan indikator.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s