Memahami Hubungan Setup Piutang Awal & Catatan Kekayaan Awal

Sebelum mulai menggunakan MyFamily Accounting, Anda wajib melakukan pencatatan awal (bila ada) yaitu pada fasilitas Setup Piutang Awal. Data dari Setup Piutang Awal nantinya berguna agar bisa ditampilkan ketika Anda melakukan transaksi penagihan/penerimaan pelunasan piutang, maka akan tampil pada daftar hutang. Perhatikan gambar di bawah ini.

Berbeda dengan Setup Piutang Awal, pada Catatan Kekayaan Awal yaitu pada bagian Harta Lancar ini berfungsi agar bisa tampil di Laporan Catatan Kekayaan. Perhatikan gambar di bawah ini.

Sehingga agar seluruh data hutang menjadi sinkron dan sama, maka Anda harus dan wajib mencatat NOMINAL dan pada AKUN yang sama baik pada Setup Hutang Awal maupun pada Catatan Kekayaan Awal.

Contoh, dari data awal Anda memiliki Piutang kepada Sa’diah sebesar Rp. 150.000. Oleh karena itu Anda harus memasukkan piutang tersebut pada Setup Piutang Awal pada akun Piutang Sa’diah sebesar Rp. 150.000 dan pada Catatan Kekayaan Awal pada bagian Harta Lancar pada misalnya akun Piutang Sa’diah dengan nominal yang harus yang sama pula, yaitu Rp. 150.000. Perhatikan gambar di bawah ini.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in 1, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

3 Responses to Memahami Hubungan Setup Piutang Awal & Catatan Kekayaan Awal

  1. diyan says:

    klo dah input kekayaan awal trz trnyata da ksalahan, cara hapusnya gmn ya…?

    Like

  2. @diyan
    Tinggal diubah saja langsung pada angka di kolom pemasukan atau pengeluaran.

    Trims.

    Like

  3. Pingback: Definisi dan Parameter Menjadi Orang Kaya « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s