Mengenal Panel Indikator MyFamily Accounting

Setiap kali Anda login ke dalam sistem MyFamily Accounting, maka Anda akan langsung disajikan sebuah halaman utama yang disebut panel indikator MyFamily Accounting. Panel indikator ini berisi seluruh data-data, indikator dan rasio keuangan Anda pada saat ini. Mari kita perhatikan satu per satu.

Halaman Index
Halaman index adalah halaman utama menampilkan satu layar penuh berisi seluruh kondisi data-data, indikator dan rasio keuangan Anda saat ini.

Kondisi Kas dan Bank
Bagian ini menampilkan kondisi jumlah dan persentase seluruh uang tunai/kas dan uang di bank yang Anda miliki. Ada dua mode tampilan graik yang bisa Anda pilih, yaitu bentuk pie dan bar.

Realisasi APBK
Bagian ini menampilkan persentase pencapaian antara APBK dan realisasinya. Cara membacanya misalnya pada bagian Realisasi Pendapatan tertulis IDR 324.000,00 dari IDR 8.500.250. Berarti saat ini realisasi pendapatan baru mencapai IDR 324.000,00 dari anggaran (APBK) yaitu sebesar IDR 8.500.250,00 atau baru mencapai sebesar 3,81% dari anggaran.

Reminder
Bagian ini berfungsi sebagai reminder/pemberi peringatan akan berbagai tagihan biaya rutin yang akan jatuh tempo, tagihan jatuh tempo dan tagihan yang akan melebihi jatuh tempo. Untuk mengaktifkan fungsi reminder ini bisa Anda pelajari di bagian Manajemen Akun dan bisa juga dari transaksi yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dengan adanya sistem reminder ini diharapkan Anda tidak lagi terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan-tagihan rutin.

Indikator Keuangan Keluarga
Bagian ini menunjukkan indikator kesehatan keuangan keluarga Anda atau oleh para financial planner sebut sebagai general check-up keuangan keluarga. Mengapa demikian? Karena dari indikator inilah kita akan tahu sejauh mana kesehatan keuangan keluarga kita saat ini. Mari kita bahas lebih lanjut

Rasio Likuiditas 6,0414%. Ini menunjukkan bahwa seluruh jumlah uang tunai/kas, bank dan harta lancar Anda lainnya akan mampu menutupi seluruh pengeluaran rutin bulanan Anda selama 6 bulan. Idealnya yang disarankan oleh pakar keuangan, rasio likuiditas Anda sebesar 3-12 kali.
Rasio Hutang 1%. Ini berarti total hutang yang Anda miliki saat ini hanya 1% dari seluruh total harta yang Anda miliki. Maksimum rasio hutang yang diperbolehkan oleh para financial planner adalah 30%.
Rasio pembayaran Hutang 7%. Ini berarti total cicilan/pembayaran hutang Anda sebesar 7% dari total pendapatan. Kondisi ini masih akan sehat bila nilainya kurang dari atau sama dengan 30%.
Rasio Kekuatan Menabung 1%. Ini berarti uang tabungan/simpanan yang Anda miliki sebesar 1% dari total pendapatan yang Anda peroleh. Adapun nilai minimal yang disarankan adalah 10%.
Rasio Kekuatan Investasi 0%. Ini berarti hasil pendapatan investasi yang Anda peroleh sebesar 0% dari total kekayaan bersih yang Anda miliki. Semakin besar persentase yang Anda capai semakin baik. Karena artinya aset-aset investasi Anda seperti saham, reksadana, obligasi, properti, dll sudah bisa memberikan pemasukan yang besar dan semakin membuat Anda mencapai predikat bebas finansial (financial freedom).
Rasio Pertumbuhan Riil -15,77%. Ini artinya pendapatan Anda bulan ini masih kalah dengan inflasi yang berarti pertumbuhannya minus. Indikator yang menunjukkan bahwa pertumbuhan kekayaan Anda benar-benar naik bila nilainya nanti menjadi positif.
Kekayaan Bersih IDR 467.246.753. Artinya kekayaan bersih yang Anda miliki saat ini sebesar IDR 467.246.743 yang diperoleh dari seluruh total harta (baik harta lancar dan harta tetap) dikurangi seluruh total hutang yang Anda miliki (baik hutang jangka panjang dan jangka pendek)

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

3 Responses to Mengenal Panel Indikator MyFamily Accounting

  1. Michael says:

    Bagaimana cara untuk mengukur pendapatan reksa dana (update bulanan untuk harganya)

    Like

  2. Pingback: Beratnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Susahnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s