Manajamen Transaksi Hutang Kartu Kredit

MyFamily Accounting menyediakan fasilitas khusus untuk pengelolaan kartu kredit yang dipisahkan dengan hutang uang.

Membuat Akun Hutang Kartu Kredit
Seperti biasa, langkah awal yang perlu dilakukan adalah Anda buat dulu akun hutang kartu kredit yang dimiliki seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini. Perhatikan pengelompokkannya harus di dalam kelompok akun Kartu Kredit.

Isilah data-data kartu kredit Anda seperti pada gambar di bawah ini. Untuk lebih memudahkan dalam pengisian data tersebut, ada baiknya Anda melihat surat tagihan kartu kredit yang rutin Anda terima terutama untuk mengetahui tanggal cetak, tanggal jatuh tempo, bunga belanja, minimum payment, dll.

Input Data Awal
Setelah membuat akun, langkah berikutnya adalah Anda melakukan input data saldo awal hutang kartu kredit yang Anda miliki saat ini. Perlu diingat, data ini Anda masukkan bila sebelum menggunakan software MyFamily Accounting Anda telah memiliki hutang kartu kredit. Untuk hal ini Anda harus memasukkannya pada Catatan Kekayaan Awal. Silahkan klik Akuntansi > Catatan Kekayaan Awal. Pilih metu tab Hutang dan isilah nominal saldo hutang kartu kredit yang Anda miliki seperti yang diperlihatkan gambar di bawah ini.

Transaksi Hutang Kartu Kredit
Bila Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit maka lakukanlah pencatatan seperti berikut. Misalnya Anda melakukan transaksi pembayaran tagihan telepon menggunakan kartu kredit. Klik Transaksi > Baru > Transaksi Pengeluaran.
Selanjutnya isilah data-datanya seperti pada gambar di bawah ini.

Menampilkan Informasi Hutang Kartu Kredit
Anda juga dapat melakukan pemantauan hutang kartu kredit yang Anda miliki. Dari informasi ini Anda dapat mengetahui berapa persen hutang yang telah Anda gunakan dari limit yang diberikan pihak bank dan juga istory transaksi yang telah dilakukan.Lakukan klik Laporan > Informasi Kartu Kredit. Anda tinggal pilih informasi kartu kredit mana yang ingin Anda lihat dengan menentukan periode laporan (tahunan, bulanan atau interval waktu) terlebih dahulu.

Transaksi Pelunasan Kartu Kredit
Untuk mencatat transaksi pelunasan/pembayaran hutang kartu kredit, klik Transaksi > Baru > Transaksi Pelunasan Kartu Kredit. Selanjutnya isilah data-datanya seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Tutorial MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

11 Responses to Manajamen Transaksi Hutang Kartu Kredit

  1. satriyo says:

    Mohon bantuan,

    mengapa ketika melakukan transaksi pengeluaran baru kok hanya muncul tunai dan kredit sedangkan pilihan kartu kredit tidak ada, saya memakai advance edition.

    trim’s

    Like

  2. Achmad Ruhiyat says:

    MyFamily Accounting, sorry saya awan, sebuah software, kalau ya, dimana bisa diperoleh?

    Like

  3. uQ says:

    saya sangat tertarik dengan software ini

    Saya sedang coba versi trialnya, sewaktu membuat/meng edit akun kartu kredit kok tidak tampil window spt ini yah, hanya window kecil yang tidak bisa diisi keterangan ttg kartu kredit sebagaimana mestinya.

    untuk transaksi pembayaran juga hanya ada pilihan tunai dan kredit seperti yang dialami satriyo.

    thx

    Like

  4. Alpa says:

    yang penting dalam penggunaan kartu kredit bukan software tetapi DISIPLIN DIRI. Saya sudah menggunakannya selama 6 tahun. tidak ada tunggakan. jernih sebening air. Caranya KK jangan dianggap sebagai sumber dana tetapi anggap sebagai malaikat penolong untuk jangka waktu tidak boleh dari 1 bulan saja. Jangan coba2 menggunakan KK untuk pembayaran/pelunasan lebih dari 1 bulan. Gitu saja repot………………………

    Like

    • benar sekali pak yg penting itu adalah disiplin diri, software hanya lah alat bantu manusia yang punya keterbatasan. Sehingga hidup kita jadi lebih mudah dengan bantuan alat ciptaan manusia.

      Like

  5. Pingback: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

  6. Pingback: Langkah-Langkah Prioritas Melunasi Hutang Anda « MyFamily Accounting

  7. Pingback: Beratnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  8. Pingback: Susahnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s