Mengenali Fitur-Fitur MyFamily Accounting

Tim pengembang MyFamily Accounting terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk senantiasa menciptakan berbagai fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Sehingga dari waktu ke waktu fitur yang dimiliki semakin lengkap sehingga semakin memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarganya. Berikut ini adalah beberapa fasilitas utama MyFamily Accounting :

Wizard Installation System

Fitur ini berguna membantu untuk memudahkan pengguna ketika setelah instalasi. Kemudahan ini berupa wizard untuk memasukkan seluruh data-data awal keuangan Anda. Artinya dengan wizard ini Anda dituntun secara langkah demi langkah untuk mengisi data-data awal tersebut. Sehingga dengan wizard ini Anda tidak bingung  untuk menentukan langkah apa yang selanjutnya dilakukan ketika instalasi selesai dilakukan. Wizard ini meliputi data pengguna, akun, catatan kekayaan awal, setup hutang awal, setup piutang awal, data buku alamat.

Account Management System

akun-buat1

Fitur ini digunakan untuk mengelola akun-akun keuangan yang akan digunakan nantinya dalam setiap kali melakukan pencatatan transaksi keuangan. Masing-masing kelompok akun yang dibuat memiliki properti informasi unik dan berbeda satu sama lain, karena disesuaikan dengan kegunaan dan manfaat akun tersebut. Adapun empat kelompok besar akun yang akan dikelola adalah akun Pendapatan, Pengeluaran, Harta dan Hutang.

Pencatatan transaksi keuangan sehari-hari

Fitur ini berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan rutin seperti pendapatan, pengeluaran, transaksi hutang, piutang, pembayaran hutang, penagihan piutang, pemindahan kas, pembelian barang & surat berharga, dan penjualan barang & surat berharga.

Dengan fitur pencatatan yang lengkap tersebut, diharapkan tidak ada satu rupiah pun uang Anda yang masuk atau pun keluar yang luput dari pencatatan Anda, karena sudah tersimpan dengan baik dan aman dalam database MyFamily Accounting.

Intelligence Posting System

transaksi-pendapatan

Dalam akuntansi, setiap kali melakukan pencatatan transaksi keuangan dikenal dengan cara posting jurnal. Konsep posting jurnal ini adalah keseimbangan (balance) antara sisi debet dan sisi kredit, di samping itu pula pemahaman terhadap kode-kode akun sangat dibutuhkan di sini. Padahal  Mendasari hal tersebut, maka bila diterapkan pada aplikasi MyFamily Accounting yang notabene penggunanya adalah orang yang awam terhadap akuntansi, tentu saja bakal merepotkan mereka dan menuntut untuk belajar akuntansi terutama konsep posting jurnal. Padahal posting jurnal merupakan aktivitas yang sangat penting dan yang paling sering digunakan oleh tenaga pembukuan.

Akhirnya Setelah melalui riset yang lumayan panjang, akhirnya tim MFA (MyFamily Accounting) menemukan sebuah solusi jitu untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan membuat sebuah fitur yang dinamakan Intelegence Posting System. Fitur menampilkan bentuk posting jurnal dengan cara yang berbeda dan unik, yaitu dengan menuntun pengguna untuk mengisi setiap form transaksi secara berurutan (hampir seperti wizard). Sehingga dengan konsep posting tersebut, pengguna cukup mengisi setiap isian form yang diminta yang berupa pertanyaan-pertanyaan, tanpa harus memahami konsep debet-kredit seimbang yang membutuhkan pengetahuan akuntansi terlebih dahulu.

Pembuatan, Evaluasi, dan Monitoring APBK (Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga) & Arus Kas

apbk-otomatis1

APBK memegang peranan penting dalam perencanaan keuangan keluarga. APBK akan membuat pengeluaran anda lebih terkontrol sehingga membuat keuangan keluarga lebih sehat.

MyFamily Accounting memberikan fasilitas yang unik dalam penyusunan APBK yaitu berdasarkan informasi dari tabel akun. Sehingga setelah anda memasukkan data akun harta, pendapatan, biaya, dan hutang yang sesuai dengan keluarga anda maka untuk membuat APBK anda tinggal memasukkan jumlah anggaran untuk masing-masing pendapatan dan belanja.

Untuk mengevaluasi realisasi dari APBK yang telah anda buat, MyFamily Accounting menyediakan Laporan Realisasi APBK, yang menampilkan jumlah anggaran dan jumlah realisasi dari masing-masing pendapatan dan belanja.

Untuk memonitor realisasi APBK anda bisa menggunakan Laporan Realisasi APBK atau melihat informasi ringkasnya pada MyFinancial Information Dashboard.

Multicurrency

main-mata-uangMyFamily Accounting mendukung pencatatan transaksi keuangan dengan banyak mata uang yang berbeda (multicurrency). Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika sering melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mata uang asing ataupun memiliki tabungan dalam mata uang asing.

MyFinancial Information Dashboard

halaman-indexLayaknya dashboard sebuah mobil yang terdiri dari indikator bahan bakar, temperatur mesin, oli, RPM, KM, kecepatan dan sebagainya. Maka MyFamily Accounting juga menyediakan dashboard yang sangat informatif dengan menampilkan seluruh informasi terkini mengenai kondisi keuangan Anda. Pada dashboard ini akan ditampilkan informasi mengenai komposisi kas tunai & bank, indikator-indikator keuangan seperti rasio likuiditas, rasio kekuatan menabung, rasio hutang, rasio pembayaran hutang, rasio kekuatan investasi, rasio pertumbuhan riil, status kekayaan bersih, realisasi APBK (Anggaran Pendapatan & Belanja Keluarga) arus kas, dan berbagai reminder tagihan/cicilan hutang. Dengan adanya dashboard ini dengan mudah pengguna dapat mengetahui kondisi total keuangannya, sehingga dapat mengambil keputusan finansial dengan cepat dan akurat.

Simulasi Perencanaan Keuangan Masa Depan

dana-pensiunSalah satu fitur yang sangat menarik dan powerful dari MyFamily Accounting adalah adanya fitur peramalan dan simulasi kebutuhan keuangan di masa depan. Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu aspek penting dalam pengelolaan keuangan pribadi/keluarga adalah adanya perencanaan keuangan di masa depan, seperti kebutuhan dana pendidikan anak, dana pensiun, dana darurat akibat adanya sakit/kecelakaan dan atau kematian, dana liburan, naik haji dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan kebutuhan tersebut, maka dengan menggunakan fitur ini pengguna akan mengetahui gambaran berapa besar kebutuhan dana yang harus dipenuhi kelak. Fitur ini juga dapat dijadikan landasan pengambilan keputusan bagi pengguna yang bermaksud mengambil beberapa produk asuransi dan investasi.

Asset Inventory Management System

transaksi-hutang-beli-barang0Salah satu bentuk terobosan MyFamily Accounting adalah dengan membuat fitur pengelolaan aset harta secara khusus. Dengan fitur asset inventory system ini pengguna dapat mengelola aset yang dimiliki secara terpusat dan dengan syle inventori seperti layaknya software akuntansi untuk bisnis. Dengan fitur ini pula pengguna dapat dengan mudah mencatat aset pada saat pembelian aset tersebut, menjual aset tersebut sewaktu-waktu dan mengetahui nilai keuntungan atau kerugian dari penjualan aset tersebut.

Financial Advisor

financial-advisorFinancial Advisor juga merupakan salah satu terobosan dahsyat MyFamily Accounting, di mana fitur ini dapat digunakan untuk menganalisis kondisi aset, hutang, dan keuangan Anda dan sesuai dengan namanya akan dapat memberikan informasi dan saran kepada anda supaya kondisi keuangan keluarga anda menjadi lebih baik. Dengan menggunakan fitur ini layaknya Anda memiliki seorang konsultan keuangan pribadi yang dengan cepat dan akurat memberikan nasehat/masukannya terhadap kondisi keuangan Anda saat ini.

Financial Advisor memanfaatkan sistem akuntansi MyFamily Accounting yang meliputi arus kas, manajemen inventory, dan manajemen hutang sehingga bisa menghasilkan hasil analisis yang akurat. Sebagai contoh misalnya apabila hutang Anda terlalu banyak, maka akan muncul semacam warning sekaligus disertai saran untuk segera mengurangi jumlah hutang Anda tersebut.

Manajemen Hutang Bank

hutangManajemen hutang bank digunakan untuk membantu Anda dalam mengelola hutang kepada lembaga bank/leasing untuk berbagai kebutuhan seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Barang Elektronik, dll. Kecanggihan fitur ini yaitu Anda dapat memtantau progress hutang-hutang yang Anda miliki, semisal persentase hutang saat ini, jumlah saldo/sisa hutang saat ini (outstanding), history pelunasan cicilan hutang termasuk jumlah bunga/bagi hasil dan pokok hutang.

Manajemen Kartu Kredit

kkManajemen kartu kredit digunakan untuk mempermudah anda dalam mengelola hutang Kartu Kredit yang anda miliki. Dengan fasilitas ini anda bisa mengetahui jumlah hutang kartu kredit anda setiap saat dan akan mendapatkan peringatan tanggal cetak kartu kredit anda. Selain itu dengan fitur ini Anda dapat mengontrol persentase penggunaan kartu kredit agar tidak melebihi limit yang diberikan. Fitur ini juga menyediakan history pelunasan hutang termasuk jumlah bunga dan pokok hutang.

Penyusutan Aset Otomatis

Dalam akuntansi, aset-aset tidak bergerak yang harganya cenderung turun akan mengalami deprisiasi, seperti kendaraan, peralatan elektronik, bangunan dan lain sebagainya. Dan untuk menangani masalahi ini ada formula tersendiri yang dapat digunakan. Karena dengan tujuan untuk memanjakan penggunanya, maka tim pengembang MFA juga telah menghasilkan sebuah fitur dahsyat yaitu berupa penyusutan aset otomatis. Dengan fitur ini pengguna tinggal memilih mau menggunakan penghitungan aset secara otomatis atau manual. Bila menggunakan secara otomatis, maka setiap akhir bulan fitur penghitungan otomatis ini akan langsung bekerja dan melakukan posting secara otomatis untuk mencatat nilai penyusutannya.

Laporan & Analisa Keuangan Yang Lengkap

kondisi-kas-dan-bank-barSalah satu keunggulan MyFamily Accounting adalah penyajian laporan keuangan yang sangat lengkap. Tercatat hampir terdapat 30 laporan dan analisa keuangan yaitu meliputi laporan jurnal kas masuk, laporan jurnal kas keluar, laporan jurnal umum, laporan buku besar, laporan surplus/defisit, laporan catatan kekayaan, laporan neraca, laporan realisasi APBK/arus kas, informasi hutang, informasi piutang, informasi hutang kartu kredit, Financial Advisor, grafik perkembangan hutang, grafik pertumbuhan harta, grafik pertumbuhan kekayaan bersih, grafik distribusi pendapatan, grafik distribusi biaya, grafik pertumbuhan surplus/defisit, grafik pertumbuhan pendapatan, grafik pertumbuhan biaya, grafik top income, dan grafik top spending.

Perhitungan Zakat & Sumbangan Keagamaan Otomatis

zakat-information-centerBisa jadi MyFamily Accounting adalah adalah satu-satunya software yang sangat jeli dalam memberikan fitur terbaik dan terlengkap bagi para penggunanya. Ini bisa dilihat bahwa sampai urusan perhitungan zakat & sumbangan keagamaan terdapat pula dalam software ini. Khususnya fitur zakat, maka dengan adanya fitur tersebut, pengguna akan bisa tahu mulai dari progres jumlah zakat yang akan dikeluarkan kelak bila telah sampai nishab atau jumlah minimal yang harus dikeluarkan. Adapun perhitungan zakat otomatisnya meliputi zakat harta dan zakat profesi. Begitu pula halnya bila hendak digunakan dalam hal sumbangan keagamaan, dengan fitur ini pula, pengguna cukup menuliskan persentase sumbangan yang akan dikeluarkan dan berikutnya secara otomatis akan dapat diketahui berapa jumlah sumbangan yang akan dikeluarkannya.

Perhitungan & Laporan Pajak Pribadi Otomatis

spt

Saat ini pemerintah sudah mewajibkan para warga negaranya untuk memiliki NPWP pribadi. Sehingga dengan adanya kewajiban ini menambah satu lagi kegiatan rutin yang perlu dilakukan oleh kita sebagai warga negara yaitu melakukan perhitungan dan melaporkan laporan pajak pribadi kepada pemerintah. Padahal kita tahu bahwa membuat perhitungan laporan pajak harus mengikuti formula, rumus dan ketentuan baku yang sudah ditetapkan langsung oleh pemerintah. Belum lagi kita harus menuliskan laporan tersebut pada formulir yang khusus pula seperti laporan SPT dan SSP.

Melihat kondisi tersebut, MyFamily Accounting tidak tinggal diam. Demi memudahkan dan sekaligus memanjakan penggunanya yang hampir dipastikan sebagian besar merupakan para wajib pajak pribadi, maka MyFamily Accounting telah menyediakan fitur khusus untuk perhitungan dan laporan pajak pribadi. Dengan fitur ini, para pengguna tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual sendiri dan menuliskannya pada formulir SPT dan SSP, namun cukup dengan memilih dan mengisi beberapa data penting lalu dengan hanya satu dua kali klik, laporan pajak Anda telah tersaji dengan lengkap dan tinggal menunggu satu lagi klik untuk mencetak laporan tersebut ke printer dengan hasil cetakan yang sesuai dengan formulir asli laporan pajak yang dikeluarkan pemerintah.

Selain itu perhitungan dan laporan pajak pribadi ini akan selalu update sesuai dengan ketentuan terbaru yang diterapkan oleh pemerintah.

Update Manager

autoupdateb1Tim pengembang MFA akan terus melakukan tambahan, perbaikan dan tune up terhadap fitur-fitur MyFamily Accounting, yang selanjutnya perubahan atau update tersebut akan dikirimkan kepada seluruh pengguna. Untuk keperluan inilah maka ada satu fitur lagi yang bisa digunakan yaitu update manager. Dengan fitur ini para pengguna bisa menerima dan mengelola update untuk kemudian dipasangkan pada aplikasi MFA. Update terbaru bisa dilakukan secara otomatis via Internet maupun manual.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Bisnis, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, MyFamily Accounting, Pengumuman. Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengenali Fitur-Fitur MyFamily Accounting

  1. Pingback: Mengapa Anda Pasti Akan Menyukai Software MyFamily Accounting? « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s