Menebak Penghasilan Seseorang dari Hutang

debttoincome-main_full

Hampir seluruh pakar keuangan keluarga menyarankan bahwa nilai toleransi yang disarankan bagi kita untuk membayar cicilan hutang setiap bulannya adalah sebesar 30% dari total pendapatan. Karena dengan begitu, bila kita patuh dengan angka sisanya yang 70% tentu masih dapat kita gunakan dengan cukup leluasa untuk membiayai berbagai keperluan rutin rumah tangga lainnya.
Dari sini sebenarnya kita bisa menebak penghasilan seseorang dari jumlah cicilan hutang yang rutin dibayarnya setiap bulan. Karena biasanya masyarakat kita terkadang masih tabu atau sungkan untuk menanyakan/membicarakan tentang jumlah pendapatan pribadi setiap bulan, baik dengan alasan malu karena terlalu kecil, tidak enak karena mungkin terlalu besar dan takut jadi pamer. Nah, kalau ada teman/keluarga kita yang beli barang baru misalnya rumah atau mobil, biasanya kita pada penasaran ingin tahu berapa harganya ya? Beli dengan tunai atau kredit? (betul nggak??) Dan selanjutnya pertanyaan kita adalah berapa uang muka dan cicilannya bukan? Nah, misalnya cicilannya disebutkan sebesar Rp. 3.000.000 maka cukup dengan angka tersebut kita langsung tahu angka idealnya. Seharusnya kurang lebih atau paling tidak pendapatan teman/keluarga kita tersebut adalah sebesar Rp. 10.000.000. Gampang bukan??

Nah, sekarang kita akan semakin mudah mengetahui jumlah penghasilan seseorang yang memiliki cicilan rutin misalnya mobil Innova sebesar Rp. 4.000.000 dan cicilan KPR Rp. 2.000.000. Silakan hitung berapa jumlah penghasilannya? Selamat menebak….

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Fenomena, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Opini. Bookmark the permalink.

One Response to Menebak Penghasilan Seseorang dari Hutang

  1. Pingback: Langkah-Langkah Prioritas Melunasi Hutang Anda « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s