Menghitung Dana Pensiun, Asuransi Kematian dan Pendidikan Keluarga

dana-masa-depanSatu lagi terobosan spektakuler yang dilakukan oleh software MyFamily Accounting adalah dengan membuat fitur perhitungan dan simulasi kebutuhan dana masa depan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa salah satu aspek penting dalam mengelola keuangan keluarga/pribadi yang baik adalah perlunya perencanaan. Karena kebutuhan akan uang bukan hanya memikirkan faktor hari ini/sekarang saja, tetapi keperluan masa depan yang kadang tidak bisa kita tebak keadaannya kelak. Tengoklah beberapa kebutuhan masa depan yang biasanya penting dan vital bagi kita seperti kebutuhan Dana Pensiun, kebutuhan Dana Pendidikan bagi anak-anak kita kelak dan sebagai proteksi dan jaga-jaga adalah kebutuhan Dana Resiko Kematian/Kecelakaan. Biasanya kalau Anda mau menghitung dana-dana tersebut secara manual, akan lumayan berfikir keras, karena banyak variabel dan faktor yang harus diisi beserta juga perhitungan rumusnya. Nah, dengan fitur terbaru yang telah disediakan Anda sudah terbebas dengan kerumitan tersebut, cukup masukkan beberapa data dan dengan sekali klik, simulasi dana yang Anda butuhkan sudah tersaji dengan manis dan rapi bahkan bisa dicetak ke printer sebagai laporan arsip pribadi Anda.

Baiklah, berikut ini saya jelaskan langkah-langkah menggunakan fitur simulasi perhitungannya:

Menghitung Kebutuhan Dana Pensiun

dana-pensiun1dana-pensiun1_cetakSilahkan Anda klik menu Perencanaan | Simulasi Dana Masa Depan. Selanjutna akan muncul form simulasi tersebut yang secara default akan menampilkan tab menu untuk perhitungan Dana Pensiun. Anda cukup mengisi Usia Anda Ingin Pensiun, Harapan Hidup, Rasio Pengeluaran, Inflasi, Tingkat Hasil Investasi dan Dana yang Dimiliki Saat ini. Sedangkan yang lain tidak perlu diisi karena sudah otomatis dikalkulasi dan ditampilkan oleh sistem. Contohnya pada baris Usia Anda Sekarang akan muncul otomatis karena ketika Anda pertama kali menggunakan aplikasi MyFamily Accounting Anda telah mengisi data-data personal termasuk tanggal lahir Anda bukan? Jadi data tersebut lah yang akan diolah otomatis oleh sistem. Tapi kalau Anda mau mengubah usia karena misalnya untuk kebutuhan teman Anda masih tetap bisa diganti kok. Keren dan fleksibel kan…? :)

Nah, setelah semua diisi Anda akan langsung tahu berapa nilai kebutuhan pensiun Anda kelak. Satu klik lagi yaitu tombol Cetak Anda akan bisa langsung mencetak simulasi ini di printer atau dikonversi ke PDF dan Excel, ya siapa tahu Anda ingin diskusi dengan manajer investasi/agen asuransi kenalan Anda untuk dapat dipilihkan mana produk yang tepat yang mereka miliki untuk sejumlah kebutuhan dana pensiun tersebut.

Menghitung Kebutuhan Dana Pendidikan

dana-pendidikanSaya yakin fitur ini bakal menjadi favorit dan primadona para keluarga semua, karena fitur ini akan sangat membantu para keluarga dalam menyiapkan dana pendidikan buah hati kesayangan mereka yang kita tahu semakin lama dana pendidikan ini semakin memberatkan kantong ayah ibunya. Silahkan Anda klik tab menu Dana Pendidikan, selanjutnya silahkan pilih daftar anak Anda pada baris pilihan Pilihlah Anak. Bagi yang rada kaget kok harus memilih anak, karena kembali lagi ketika Anda telah menggunakan MyFamily Accounting Anda sudah diminta untuk mengisi data-data keluarga Anda termasuk istri dan anak, terutama tanggal lahir mereka. Sehingga dengan demikian sekali Anda telah memasukkan data-data tersebut maka sistem akan langsung memprosesnya untuk berbagai keperluan yang salah satunya ya untuk menampilkan usia dan daftar anak Anda, simbel dan mudah bukan?

dana-pendidikan-cetak1dana-pendidikan-cetak2Selanjutnya silahkan diisi tabel yang telah disediakan yaitu pada kolom Uang Pangkal, Biaya per Tahun (maksudnya biaya operasional), kemudian persentase imbal hasil Investasi yang diharapkan dan Dana Awal yang telah tersedia. Setelah itu otomatis Anda akan langsung bisa dapat mengetahui proyeksi kebutuhan jumlah  dana tiap-tiap jenjang pendidikan dan total keseluruhan dana beserta tampilan grafiknya yang menawan di bagian bawah. TInggal satu langkah lagi Anda klik tombol Cetak, maka Anda bisa cetak ke printer laporan simulasinya untuk bisa Anda diskusikan ke manajer investasi/agen asuransi Anda yang bisa memenuhi kebutuhan dana Anda kelak dengan produk-produk yang mereka miliki.

Menghitung Dana Resiko Kematian

dana-kematiandana-kematian-cetakBagi orang tua sebagai tulang punggung keluarga baik suami/istri yang udah paham biasanya sudah menyiapkan berbagai resiko bahkan sampai pada keadaan yang terburuk sekalipun yaitu kematian misalnya. Mereka tidak ingin anggota keluarga yang ditinggalkan akan mengalami MADESU (Masa Depan Suram).

Silahkan Anda klik tab menu Dana Resiko Kematian. Selanjutnya isilah Berapa Tahun yang Dijamin, agar keluarga yang ditinggalkan tetap bisa tercukupi kebutuhan mareka setiap hari, kemudian Rasio Pengeluaran dan Inflasi.  Sebenarnya Anda tidak perlu mengisi rata-rata biaya hidup per bulan saat ini, karena angka tersebut akan muncul otomatis kalau Anda sudah rutin memasukkan transaksi pendapatan/pengeluaran harian Anda. Karena sistem akan mengkalkulasi otomatis angka tersebut berdasarkan historikal arus kas Anda yang telah Anda tuliskan dan anggarkan dalam fitur APBK (Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga). Seperti biasa setelah data diisi Anda akan langsung dapat mengetahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan dan dapat diakhiri dengan mengklik tombol Cetak untuk mencetaknya ke printer dan jangan lupa diskusikan dengan manager investasi/agen asuransi kenalan Anda untuk dapat diberi pilihan produk yang tepat untuk kebutuhan dana Anda tersebut.

Ok sekarang Anda telah merasakan betapa mudahnya sekarang untuk membuat perencanaan keuangan masa depan keluarga Anda. Semoga terobosan fitur ini dapat membantu masyarakat kita terutama di Indonesia untuk lebih peduli dalam mengelola dan merencanakan keuangan keluarga/pribadinya. Tidak lupa juga saya menghaturkan special thanks kepada bpk Eko Pratomo, Ligwina Hananto, Ahmad Gozali, Roy Sembel, Tri Djoko Santoso, Sugianganto Budisuharto, Safir Senduk atas ilmu yang mereka sebarkan selama ini. Mari kita bersama mencerdaskan finansial masyarakat Indonesia !!

Tentang MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Curhat, Fenomena, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, MyFamily Accounting, Opini, Tutorial MyFamily Accounting. Tandai permalink.

11 Balasan ke Menghitung Dana Pensiun, Asuransi Kematian dan Pendidikan Keluarga

  1. Ping balik: Mengapa Anda Pasti Akan Menyukai Software MyFamily Accounting? « MyFamily Accounting

  2. Ping balik: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

  3. Ping balik: Menjadikan Personal Finance Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi « MyFamily Accounting

  4. Ping balik: Inilah 25 Sumber Penghasilan Seorang Dosen « MyFamily Accounting

  5. Ping balik: Hutangmu Adalah Rapormu « MyFamily Accounting

  6. Ping balik: Apa Saja Sih Asuransi yang Wajib Dimiliki Keluarga? « MyFamily Accounting

  7. Ping balik: Mari Menghitung Kebutuhan Asuransi Jiwa Anda « MyFamily Accounting

  8. Ping balik: Memahami Investasi Yuk… « MyFamily Accounting

  9. Ping balik: Investasi ? « Psi4success’s Weblog

  10. Ping balik: Apa Sih Investasi? | Keuangankeluargamuslim’s Blog

  11. susi berkata:

    bu.. ijin.. q msh blom bs buka n buat ilustrasinya dg copian dr ibu tsb.
    arahan ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s