Langkah Praktis Menabung & Berinvestasi Emas

Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan kiat beserta langkah-langkahnya bagi Anda yang bermaksud menabung sekaligus berinvestasi pada salah satu instrumen yaitu EMAS.

Sebagaimana telah banyak kita ketahui emas merupakan salah satu instrumen investasi dan juga sebagai peneguh status sosial di masyarakat. Emas merupakan simbol kemakmuran seseorang yang sejak zaman dulu merupakan benda yang sangat disenangi oleh seluruh orang. Saat ini emas selain dijadikan perhiasan yang identik kaum hawa, digunakan pula sebagai salah satu strategi orang untuk menabung dan juga investasi. Karena emas diyakini lebih kebal terhadap rongrongan inflasi yang menggerus nilai uang yang kita miliki. Selain itu emas digunakan sebagai tabungan karena sifatnya yang lumayan likuid dan gampang dicairkan sewaktu-waktu. Sehingga emas dapat dikatakan bisa menjadi pesaing dekat deposito.

Bagi Anda yang ingin menggunakan emas sebagai sarana untuk menabung/investasi berikut ini beberapa kiat dan langkah-langkahnya:

  • Tetapkan dulu tujuan Anda untuk membeli emas. Apakah untuk menabung biasa atau untuk investasi. Karena ini akan menentukan strategi Anda ke depan.
  • Bila digunakan untuk investasi berarti bentuk emas yang dibeli sebaiknya dalam bentuk batangan atau koin emas dan hindari/jangan membeli emas perhiasan.
  • Simpanlah di tempat yang paling aman, kami sarankan Anda menyewa Safe Deposit Box (SDB) di bank-bank. Adapun syarat umumnya menyewa safe deposit box adalah: memiliki rekening tabungan di bank yang bersangkutan, sejumlah uang akan diblokir dari rekening Anda, dan akan dikenakan biaya sewa tahunan yang besarnya tergantung pada ukuran box yang disimpan.
  • Belilah emas di toko-toko emas yang sudah mapan dan besar di kota Anda dan tentu saja mereka menyediakan emas resmi LM (Logam Mulia).
  • Pastikan ketika Anda membeli emas LM harus disertakan sertifikat resmi dari Antam. Jika mereka tidak menyediakan lebih baik batalkan transaksi.
  • Biasanya toko emas akan memberitahukan stok dan model koin emas yang dijual yang bisa Anda pilih dalam ukuran berat bervariasi mulai dari 0.5 gram, 1 gram, 3 gram dsb.

Bagi Anda yang ingin agar nantinya seluruh nilai aset tabungan/investasi emas Anda tersebut dapat dipantau perkembangan nilainya, maka di dalam MyFamily Accounting ada fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, sehingga Anda bisa memonitor berapa persen tingkat kenaikan emas Anda sejak pertama kali dibeli hingga sekarang.

Nah, secara garis besar begitulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan bila bermaksud untuk menabung dan berinvestasi emas, semoga bermanfaat.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Bisnis, Fenomena, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, Opini. Bookmark the permalink.

10 Responses to Langkah Praktis Menabung & Berinvestasi Emas

  1. Pingback: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Definisi dan Parameter Menjadi Orang Kaya « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Berbagai Alasan Ketika Memutuskan untuk Memiliki Rumah « MyFamily Accounting

  4. Pingback: Pentingnya Memiliki Dana Darurat « MyFamily Accounting

  5. Pingback: Memahami Investasi Yuk… « MyFamily Accounting

  6. Pingback: Mengenal Produk Finansial: Deposito « MyFamily Accounting

  7. Pingback: Investasi ? « Psi4success’s Weblog

  8. Pingback: Apa Sih Investasi? | Keuangankeluargamuslim’s Blog

  9. Pingback: Mengenal Investasi | Keuangankeluargamuslim’s Blog

  10. Pingback: Belajar Menjadi Investor Kecil-Kecilan Yuk… | MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s