Rahasia Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Masalah utama sebuah keluarga yang selalu ada biasanya seputar keuangan. Bisa karena kekurangan uang, kelebihan uang :) atau karena bingung bagaimana mengatur uang yang penghasilannya pas-pasan sedangkan kebutuhan selalu melebihi pemasukan.

Namun muara dari itu semua kata kuncinya adalah bagaimana mengatur keuangan keluarga atau pribadi dengan cerdas, cermat dan sebaik-baiknya. Karena masalah mengatur keuangan tidak memandang Anda orang miskin, menengah atau kaya. Karena siapa pun bisa mengatur keuangan keluarganya, maka bisa dikatakan 50% mereka sudah sukses dan berhasil dalam hal finansialnya.

Untuk itu pada tulisan kali ini kami akan membagi salah satu kiat yang diambil dari salah satu endorser MyFamily Accounting yaitu bapak Ahmad Gozali. Adapun beliau memberikan sebuah kiat dan tips rahasia bagaimana agar sebuah keluarga sukses dalam mengatur keuangan keluarganya. Adapun rahasia sukses tersebut adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini secara urut dan disiplin, yaitu:

  1. Setiap kali menerima gaji maka langkah awal yang terpenting yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan membayar cicilan hutang terlebih dahulu. Mengapa? Karena hutang adalah kewajiban terpenting yang wajib Anda penuhi kepada pihak lain apakah dari bank dan institusi finansial lainnya. Karena kedisiplinan Anda dalam membayar cicilan merupakan cerminan rapor dan nama baik Anda di mata mereka. Sekali saja Anda telat/mangkir membayar maka nama Anda akan masuk dalam blakck list yang patut diwaspadai nantinya. Sehingga menjaga nama baik sebagai seorang debitor sangat penting di sini, karena akan bermanfaat nantinya di masa yang akan datang. Selain itu pula dengan memprioritaskan membayar cicilan ini, berarti kita sudah menghargai para kreditor kita yang sudah berbaik hati meminjamkan uang kepada kita.
  2. Setelah membayar cicilan hutang, selanjutnya yang Anda lakukan adalah berzakat atau memberikan sumbangan keagamaan. Loh kok begitu? Ya inilah salah satu bukti rasa syukur kita kepada Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia rezeki kepada kita semua, sehingga kita bisa melakukan aktivitas ekonomi keseharian dengan lancar tanpa kekurangan. Dengan mengalokasikan dana khusus untuk berzakat ini maka sudah barang tentu Allah SWT akan semakin menambah karunia dan rezeki yang berlimpah kepada kita. Apakah kita mau semakin disayang oleh Sang Maha Pencipta dan Pemberi Rezeki kita? Maka berzakatlah
  3. Setelah berzakat apa lagi ya? Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah menyisihkan minimal 10% penghasilan Anda untuk ditabung/investasi. Wow, kenapa kok menabungnya di depan ya? Bukannya kalau menabung itu di akhir alias kalau ada sisa ? :) He..he..he.. itulah salah satu kebiasaan buruk kita dengan menunggu kalau ada sisa uang di akhir bulan, padahal kenyataannya hampir selalu tidak ada yang tersisa bukan? Yang berarti kita tidak pernah akan bisa menabung. Nah, sekarang trend dan kebiasaan bagusnya adalah menabung di depan, dengan memotong langsung dari setiap kali menerima gaji/penghasilan. Untuk penjelasan selengkapnya tentang apa dan bagaimana disiplin dalam menabung ini sudah kami jelaskan di tulisan sebelumnya yang berjudul “Kiat Menabung Bagi Penghasilan Pas-Pasan“.
  4. Nah langkah yang terakhir ini baru yang pasti kita sukai bersama yaitu silahkan habiskan uang gaji/penghasilan yang tersisa :) Silahkan kita habiskan untuk memenuhi berbagai keperluan rutin keluarga seperti belanja isi dapur, makan, lauk-pauk, asuransi, sekolah anak, rekreasi, beli baju dan lain lagi sepuasnya :) Enak bukan? Ya tentu saja ini boleh Anda lakukan karena kita sebelumnya sudah memenuhi segala pos-pos penting yang bisa mengakibatkan kacau balaunya kondisi keuangan keluarga seperti senang mengulur waktu membayar cicilan hutang, lupa berzakat dan tidak sempat menabung karena sudah kehabisan duluan dan mengharap uang sisa. Dan dengan mengikuti langkah dari 1-4 di atas tentu kita semua bakal meraih kesuksesan dalam mengatur keuangan keluarga tanpa pusing dan stres.

Semoga rahasia sukses mengatur keuangan keluarga di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, yang tentu saja kalau mau meraihnya harus dengan cara dipraktekkan/diterapkan langsung apalagi dengan dibantu menggunakan tools yang populer saat ini yaitu software MyFamily Accounting akan semakin mempermudah dalam pelaksanaannya. Sehingga nanti baru kita bisa masuk ke langkah berikutnya yaitu mulai belajar berinvestasi. Selamat mencoba!

Tentang MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
Tulisan ini dipublikasikan di Curhat, Fenomena, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, Opini. Tandai permalink.

23 Balasan ke Rahasia Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

  1. Ping balik: MyFamily Accounting Sebar 1 Juta Software Gratis « MyFamily Accounting

  2. Ping balik: MyFamily Accounting Investasi Termurah Seumur Hidup « MyFamily Accounting

  3. Ping balik: Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai « MyFamily Accounting

  4. Ping balik: Pembuktian Orang Terkaya Indonesia « MyFamily Accounting

  5. Ping balik: Inilah 25 Sumber Penghasilan Seorang Dosen « MyFamily Accounting

  6. Ping balik: Hutangmu Adalah Rapormu « MyFamily Accounting

  7. Nardinugroho berkata:

    TERIMA KASIH atas berbagai ulasan dan teknik mengatur keuangan keluarga yang anda paparkan di blog ini,semoga anda juga bertambah Rizki dan berkah dari Nya.

  8. Ping balik: Uang Pribadi dan Uang Usaha: Dicampur atau Dipisah? « MyFamily Accounting

  9. Ping balik: Berbagai Alasan Ketika Memutuskan untuk Memiliki Rumah « MyFamily Accounting

  10. Ping balik: Strategi Menyiapkan Dana untuk Kelahiran Anak « MyFamily Accounting

  11. Ping balik: Pentingnya Memiliki Dana Darurat « MyFamily Accounting

  12. Ping balik: Cerdas Finansial: Keinginan atau keharusan? « MyFamily Accounting

  13. Ping balik: Memahami Investasi Yuk… « MyFamily Accounting

  14. salam kenal, artikel yang bagus, sangat penting untuk mengatur keuangan, namun hal ini tidaklah mudah, terutama dan awal sebelum mau merencanakan keuangan, menurut saya, tentukan tujuan dan impian hidup kamu lalu seberapa besar kamu mau mencapainya. Hidup harus ada kemajuan.

  15. Nostalgia Songs berkata:

    thanks for sharing.. useful info..

  16. terima kasih untuk pihak2 yang terlibat pada blog ini. Sangat membantu saya yang baru mau berumah tangga. Mohon doanya Mudah-mudahan saya bisa jadi manager yang baik di rumah. bismillah :)

  17. Ping balik: Apa Sih Investasi? | Keuangankeluargamuslim’s Blog

  18. tovic berkata:

    makasih mbak… jd tambah bijak sy sm yang namnya uang

  19. lia berkata:

    teteup aj pontang – panting ngatur nya

  20. Lilis wihani berkata:

    tipsnya bagus,, :-) tapi kali ini saya mau bertanya karna saya bingung mengatur uang keluarga saya, penghasilan suami saya kurang lebih 1 juta per bulan, saya harus membagikan 1 juta untuk susu anak, kebutuhan dapur, kebutuhan anak, rokok suami, uang bensin suami, utang diwarung, saya selalu bingung setiap membagikan uang, mohon bantuannya ya,:-D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s