Bijak Mengatur Tagihan Rutin Rumah Tangga

Ada yang sering telat membayar tagihan telepon, listrik, dll bukan dikarenakan nggak upnya uang, tetapi karena kesibukan di kantor yang padat? Bayangkan pula apabila jatuh tempo tagihan menjelang akhir pekan, padahal beban kerja dan waktu yang sangat tersita membuat tidak sempat membayar.

Coba perhatikan studi kasus sebuah keluarga X dengan memiliki berbagai tagihan rutin sebagai berikut:

  • Tagihan Telepon Rumah di Telkom
  • Tagihan TV Kabel
  • Tagihan Listrik
  • Tagihan GSM Suami Pascabayar
  • Tagihan GSM Istri Pascabayar
  • Tagihan PDAM
  • Tagihan Internet
  • Tagihan dll

Dengan kesibukan suami istri yang sama-sama bekerja, maka sudah barang tentu akan kedodoran dalam membayar seluruh tagihan rutin tersebut yang jatuh temponya berbeda-beda. Telat sedikit saja maka sudah pasti akan dikenakan denda tambahan.

Mungkin kondisi seperti di atas banyak yang melanda kita, nah bagaimana caranya agar seluruh tagihan tersebut bisa dibayarkan tepat waktu tanpa harus merepotkan kita? Sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa digunakan yaitu:

  1. Pembayaran via SMS/Internet banking. Cara ini cukup praktis karena kita tidak perlu antri membayar tagihan karena kita bisa langsung bayar lewat HP dan komputer. Akan tetapi dengan tagihan yang sebanyak itu, aktivitas pembayaran tentu saja harus kita lakukan berulang-ulang.
  2. Autodebet dari rekening tabungan secara otomatis. Kelebihannya kita tidak perlu repot-repot untuk antri di kantor tempat kita membayar masing-masing tagihan, karena bank otomatis akan memotong sejumlah uang dari saldo tabungan kita secara otomatis. Akan tetapi yang jadi masalah adalah apabila suatu waktu saldo tabungan kita tidak mencukupi, maka tentu saja kerepotan yang kita usahakan untuk dihindari akan muncul kembali. Selain itu kita juga harus rutin mengisi saldo tabungan agar selalu mencukupi setiap aktivitas autodebet dilakukan.
  3. Autodebet dari kartu kredit. Kelebihannya hampir sama dengan yang autodebet dari rekening tabungan. Hanya saja ada beberapa kelebihan tersendiri dari kartu kredit ini adalah kita tidak harus selalu mengisi saldo tabungan secara rutin agar bisa mencukupi seluruh tagihan. Kita cukup membayar tagihan kartu kredit saja setiap bulannya yang berarti akan melunasi seluruh tagihan yang sudah dibayarkan kartu kredit kita sebelumnya. Selain itu keuntungannya juga akan terus menambah poin-poin hadiah yang biasanya ditawarkan oleh kartu kredit.

Ok, berarti sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk telat membayar tagihan rutin bukan…

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Curhat, Fenomena, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Kiat Praktis, Opini. Bookmark the permalink.

5 Responses to Bijak Mengatur Tagihan Rutin Rumah Tangga

  1. Pingback: Go Green Dengan e-Billing & Internet Banking « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Langkah-Langkah Prioritas Melunasi Hutang Anda « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Menjadikan Personal Finance Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi « MyFamily Accounting

  4. Pingback: Definisi dan Parameter Menjadi Orang Kaya « MyFamily Accounting

  5. Pingback: Jadi Pejabat Pun Harus Melek Finansial « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s