Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai

Untuk lulus dari sebuah jenjang pendidikan, maka kita harus melalui dan lulus ujian berbagai macam mata kuliah yang telah dikurikulumkan. Selain itu untuk meraih kelulusan tersebut kita juga harus menghabiskan sekian waktu agar bisa meraih pengakuan yang biasanya berupa gelar/titel. Sehingga kita layak untuk menyandang Sarjana, Master atau seorang Doktor untuk bidang disiplin ilmu tertentu.

Akan tetapi sayangnya, kita selama ini seolah-olah “dipinggirkan” dalam hal suatu ilmu yang sebenarnya selalu melekat dengan kehidupan sehari-hari. Yang tanpanya maka kita tidak akan dapat berbuat apa-apa, yaitu ilmu tentang uang! Sejak sekolah dasar hingga kuliah yang kita habiskan puluhan tahun, nyaris tidak pernah kita diajarkan ilmu tentang uang, finansial, investasi dsb (kecuali yang jurusan akuntansi/ekonomi). Sehingga sangat wajar saat ini pemahaman kita yang sudah dewasa dan tua sangat minim tentang bagaimana mengelola uang, hutang, menyiapkan berbagai kebutuhan dana masa depan dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran banyak dari kita yang akhirnya terjerembab dalam jurang finansial yang akut. Dan ini tidak memandang Anda adalah lulusan SD, SMP, SMU, S1, S2 bahkan S3!  Karena ilmu melek finansial ini adalah seharusnya ilmu wajib yang harus dikuasai semua orang baik pria maupun wanita.

Dari itulah pada tulisan kali ini kami akan sharing sedikit tentang apa saja materi penting dan wajib yang seharusnya kita kuasai bersama, yang sebagian besar kami rujuk dari bukunya Prof. Adler H. Manurung & Lutfi T. Rizky, MM, RFA yang berjudul “Successful Financial Planner: A Complete Guide”. Materi tersebut antara lain:

  • Memahami kondisi finansial saat ini (financial checkup). Materi ini perlu dikuasai agar Anda tahu dulu seperti apa kondisi finansial keluarga Anda saat ini. Apakah dalam kondisi sehat atau sakit.
  • Membuat Perencanaan Finansial. Di sini kita harus mampu menentukan dan mendefenisikan apa saja tujuan finansial keluarga kita sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya tujuan perencanaan untuk Naik Haji, Persiapan Dana Pendidikan anak mulai dari jenjang PG-TK-SD-SMP-SMU-PT, persiapan dana liburan dan masih banyak lagi.
  • Anggaran Pendapatan & Belanja Keluarga. Anda harus mampu membuat budgeting terhadap pendapatan dan belanja keluarga dalam satu periode. Hal ini akan sangat membantu Anda agar tetap terus bergerak dalam koridor anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Manajemen Hutang. Ini salah satu materi penting yang perlu kita kuasai bersama. Karena hutang sudah menjadi bagian dalam kehidupan finansial kita. Mulai dari hutang KPR, KPM, Kartu Kredit dll. Paling tidak pada materi ini kita memahami tentang; Rasio-Rasio Hutang kita, Bagaimana menghitung bunga pinjaman kita, menghitung tingkat bunga kartu kredit, bagaimana menghindari jeratan hutang kartu kredit, dsb.
  • Manajemen Dana Darurat (emergency fund). Materi ini akan membantu kita menghitung besaran kebutuhan dana darurat, menentukan likuiditasnya dan harus ditempatkan di mana.
  • Manajemen Resiko Asuransi. Dengan menguasai materi ini kita akan dapat menentukan apa saja yang dapat kita asuransikan, merencanakan program asuransi, menghitung uang pertanggungan, metode perhitungan uang pertanggungan, penerima santunan asuransi dan mengenal berbagai macam asuransi seperti asuransi kesehatan, kerugian, kendaraan bermotor dan properti.
  • Manajemen Investasi. Materi ini pasti akan menjadi materi favorit kita semua. Dalam materi ini kita akan memahami tentang konsep dasar berinvestasi, mengenal produk-produk investasi, pengalokasian aset sederhana, investasi saham, pasar perdana dan pasar sekunder, reksadana, obligasi, emas dan investasi properti.
  • Pajak Penghasilan. Nah, kalau ini mungkin materi yang maunya sih dihindari. Tetapi karena sudah merupakan kewajiban yang melekat di setiap individu, mau tidak mau kita harus memahami bagaimana dan apa pajak penghasilan itu, cara menghitung pajak penghasilan, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), tarif pajak penghasilan dan surat pemberitahuan (SPT).
  • Manajemen Dana Pensiun. Dalam materi ini seharusnya akan membuat kita tahu mengapa harus menyiapkan dana pensiun, tipe-tipe pensiun, tahapan masa pensiun, apa yang dilakukan ketika pensiun dan menghitung perencanaan dana pensiun.
  • Manajemen Warisan. Materi ini tidak kalah pentingnya untuk kita kuasai. Karena pasti kita menginginkan harta benda peninggalan kita akan dapat dinikmati oleh para ahli waris kita dengan tenang dan damai tanpa keributan bukan. Nah mater ini nantinya akan mengenalkan kita tentang warisan, hukum waris, ahli waris, wasiat (testament) dan perjanjian perkawinan.

Kalau kita perhatikan sebenarnya sudah banyak pelatihan/seminar yang membahas tentang salah satu atau beberapa materi tersebut. Bahkan ada yang lebih advanced dan biayanya tidak murah. Akan tetapi untuk tingkat pemula dan agar memenuhi pemahaman standar, paling tidak dengan belajar otodidak dari berbagai buku-buku terkait yang sudah ada adalah salah satu langkah bijak. Yang penting tujuan kita untuk bisa “melek finansial” atau “cerdas secara finansial” akan bisa tercapai. Apalagi saat ini sudah ada alat bantu software khusus untuk mengatur dan mengelola keuangan keluarga/pribadi, yang akan sangat membantu Anda agar tidak terlalu rumit melakukan penghitungan, penyimpanan dan pengolahan data keuangan personal.

Selamat belajar dan menjadi masyarakat melek finansial…!

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Fenomena, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, MyFamily Accounting. Bookmark the permalink.

6 Responses to Inilah Materi Wajib Kecerdasan Finansial Yang Harus kita Kuasai

  1. Pingback: Beratnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Susahnya Menjauhi Perilaku Hidup Konsumtif « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Terjebak Mitos Bisnis Modal Dengkul dan Bisnis Tanpa Resiko « MyFamily Accounting

  4. Pingback: Uang Pribadi dan Uang Usaha: Dicampur atau Dipisah? « MyFamily Accounting

  5. Pingback: Berbagai Alasan Ketika Memutuskan untuk Memiliki Rumah « MyFamily Accounting

  6. Pingback: Jadi Pejabat Pun Harus Melek Finansial « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s