Menjadikan Personal Finance Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi

Di strata kuliah perguruan tinggi, biasanya ada mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa atau yang sering disebut Mata Kuliah Umum (MKU). Mata kuliah ini mengajarkan ilmu wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa dari berbagai macam Program Studi, dengan tujuan agar mahasiswa nantinya memiliki keseragaman berfikir dan juga faham pengetahuan tersebut. Ambil contoh kita pasti masih ingat dengan mata kuliah Pancasila, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama, dll.

Dari hal tersebut di atas, terbersit ide mungkinkah ilmu personal finance, atau bahasa umumnya kecerdasan finansial/melek finansial dijadikan mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi? Menurut kami dan mungkin pembaca selkaian sangat setuju dengan usul tersebut. Mengapa? Karena saat ini semakin kita sadari bahwa melek finansial sudah menjadi sebuah keharusan dan bahkan seyogyanya ilmu ini seharusnya sudah sejak dulu diberlakukan sejajar dengan mata kuliah Pancasila, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama tersebut.

Beberapa alasan kuat mengapa mata kuliah kecerdasan finansial sudah selayaknya mulai diajarkan di perguruan tinggi:

  • Uang adalah sesuatu yang sudah melekat dan dikenali oleh setiap orang sejak masih Balita.
  • Kebanyakan sejak kecil kita tidak diajarkan bagaimana mengenali dan mengatur uang dengan baik, dan kondisi ini berlanjut terus hingga dewasa. Sehingga berdampak terhadap perilaku dan keputusan-keputusan finansial kita kelak yang bingung dan tidak teratur dalam mengelola kehidupan finansialnya.
  • Semakin dini mengenal tentang uang, maka akan membantu mengurangi kesengsaraan finansial kelak ketika sudah dewasa.
  • Kalau pemerintah peduli dengan ideologi Pancasila, dan pendidikan religi warganya. Maka sudah selayaknya pemerintah juga mulai peduli dengan tingkat kecerdasan finansial warga negaranya dari Sabang sampai Merauke.
  • Dan lain-lain, ada yang mau menambahkan?

Demikianlah tulisan singkat yang bersifat anjuran ini, semoga suatu saat bisa direalisasikan.

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Curhat, Fenomena, Investasi, Kecerdasan Finansial, Keuangan, Keuangan Keluarga, Opini. Bookmark the permalink.

3 Responses to Menjadikan Personal Finance Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi

  1. Pingback: Inilah 25 Sumber Penghasilan Seorang Dosen « MyFamily Accounting

  2. Pingback: Jadi Pejabat Pun Harus Melek Finansial « MyFamily Accounting

  3. Pingback: Cerdas Finansial: Keinginan atau keharusan? « MyFamily Accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s