Strategi Menyiapkan Dana untuk Kelahiran Anak

Sebentar lagi buah hati Anda akan hadir di dunia ini? Wah selamat kalau begitu. Atau Anda berencana untuk memiliki anak atau menambah momongan dalam sembilan bulan ke depan? Selamat itu rencana yang sangat mulia. Pasangan mana yang tidak senang untuk memeriahkan keluarganya dengan anak-anak yang lucu, sehat dan menyenangkan kedua orang tunya. Semua keluarga pasti menginginkannya.

Oke, kalau sudah memiliki rencana mulia seperti itu. Lantas apa cukup dengan “usaha biologis” semata? Tentu tidak bukan? Sebagai keluarga modern dan profesional, tentu kita harus menyiapkan perencanaan yang komprehensif/holistik dan matang. Seluruh aspek yang bakal mensukseskan program ini harus dipikirkan dan direncanakan masak-masak. Mari kita bahas apa saja yang perlu disiapkan.

  • Tentukan tempat di mana pasangan Anda akan melahirkan. Pilihannya bisa di Rumah Sakit, Bidan, hingga Rumah Bersalin. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Lakukan survei dengan lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. Catat data-data penting terutama biaya-biaya yang akan dikeluarkan di salah satu tempat bersalin tersebut.
  • Kalkulasi dan persiapkan biaya berdasarkan metode bersalin. Semua istri pasti menghendaki bersalin secara normal bukan. Akan tetapi pada kenyataanya tidak semua bisa menjalani hal tersebut. Hal ini tentu disebabkan banyak faktor medik sehingga menyebabkan tidak jarang para istri harus menjalani proses bersalin secara cesar. Kita tahu bersama, biaya bersalin normal dengan cesar cukup jauh perbedaannya. Sehingga sangat disarankan untuk mempersiapkan dana bersalin untuk kondisi paling mahal sekalipun. Namun dari pengalaman kalau vonis pertama dari dokter mengatakan harus menjalani cesar, ada baiknya untuk mencari second opinion dari dokter lain agar lebih memantapkan kita dalam menjalani proses bersalin tersebut.
  • Persiapkan peralatan dan perlengkapan bayi. Persiapan dalam hal ini juga perlu dilakukan jauh-jauh hari, karena mengingat jumlahnya yang lumayan banyak dan beragam, maka semakin Anda mengkalkulasi dan menyiapkan dananya dari sekarang tentu akan semakin meringankan beban ketika sang jabang bayi telah hadir kelak.
  • Kalkulasi dan persiapan dana pemeriksaaan dan perawatan selama kehamilan. Tentu saja setiap bulan atau periodik kita diminta untuk sering memeriksakan kehamilan sang istri tercinta ke dokter bukan. Hal ini tentu bermanfaat untuk terus memantau perkembangan kesehatan istri dan calon bayi. Bila kondisi normal dan sehat, maka tentu akan membuat kita tenang, namun bila ada kondisi kurang normal tentu sedikit banyak butuh treatment khusus yang berimbas pada bertambahnya budget yang perlu dipersiapkan. Nah, persiapan untuk dana seperti ini perlu juga dikalkulasi jauh-jauh hari seperti perawatan/pemeriksanaan rutin, obat, suplemen, vitamin dan sejenisnya.

Sekarang bila Anda tidak mau repot melakukan kalkulasi dan perhitungan-perhitungan finansial untuk keperluan di atas secara manual, maka artinya Anda butuh software MyFamily Accounting. Karena di dalam aplikasi ini ada sebuah fitur menarik yaitu untuk melakukan perencanaan keuangan masa depan. Dengan fitur ini Anda cukup tahu berapa biaya-biaya yang dibutuhkan saat ini beserta asumsi inflasi ke depan. Setelah itu Anda akan langsung tahu seketika berapa dana yang perlu dipersiapkan dari sekarang, yang tentu saja akan memudahkan kita dalam mengusahakan dan menyediakan dana yang dibutuhkan tersebut. Nah, kalau sudah ada alat yang memudahkan kita, kenapa harus pilih yang sulit bukan…:)

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s