Mengenal Produk Finansial: Deposito

Depositu adalah salah satu produk finansial yang disediakan oleh perbankan. Bila kita perhatikan hampir seluruh bank menyediakan produk satu ini. Mata uang yang digunakan dapat dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. Berikut beberapa informasi penting mengenai deposito.

  • Setoran dan penarikan deposito tidak dapat dilakukan kapan saja, karena deposito hanya bisa disetor dan ditarik dalam waktu tertentu saja. Makanya deposito sering disebut juga sebagai tabungan berjangka. Bila Anda menarik deposito sebelum waktunya maka akan dikenakan pinalti.
  • Jangka waktu deposito bervariasi dan dapat Anda pilih yaitu 1, 3, 6 atau 12 bulan.
  • Bunga deposito memang biasanya selalu lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Sehingga memang deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang paling aman dibanding yang lainnya. Apalagi dulu waktu krisis moneter bunga deposito sempat meroket hingga menembus angka 60%. Suatu masa panen para penabung dan investor kala itu.
  • Dapat dikatakan deposito adalah salah satu instrumen investasi relatif teraman saat ini, walaupun secara imbal hasil bunga sudah tidak terlalu menarik lagišŸ™‚
  • Biaya administrasi dan pajak. Biasanya untuk deposito tidak dikenakan pajak untuk deposito di bawah 7,5 juta. Sedangkan bedanya dengan tabungan biasa, deposito bebas dari biaya administrasi bulanan.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah, bila Anda ingin produk finansial yang memiliki imbal hasil lebih tinggi dari tabungan biasa dan aman, maka deposito bisa jadi pilihan tepat.

*****


Update

PadaĀ tanggal 1 Januari 2017 MyFamily Accounting akan merilis versi private beta yang bisa digunakan di webĀ danĀ Android. Versi terbaru ini akanĀ tetap sepenuhnya gratis tanpa dikenakan biaya apapun!

Segera daftarkanĀ diri Anda sebagai salah satu dariĀ 5000 pengguna eksklusif pertama dengan memasukkan email pada form di bawah ini:

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Unduh aplikasinya di https://myfamilyaccounting.wordpress.com/2015/06/01/myfamily-accounting-kini-tersedia-gratis/ Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Investasi, Keuangan, Opini. Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Produk Finansial: Deposito

  1. haram apa halah hukum nya deposito?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s