Financial Income Checklist

Pada postingan tentang Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Keluarga Profesional 1 dan 2 telah panjang lebar dijelaskan bagaimana seharusnya sebuah keluarga mengatur arus kas, surplus/minus hingga neraca keuangan keluarganya. Kita juga tahu bahwa ternyata banyak sekali income di luar gaji seperti hasil bisnis, gain dari aset kertas semacam reksadana, saham, hingga hasil sewa properti, lisensi, royalti, dsb.

Nah, sekarang tulisan ini akan mengetengahkan sebuah checklist dalam bentuk tabel untuk memudahkan kita dalam memantau perkembangan sumber income tadi dan digunakan untuk apa. Perhatikanlah tabel di atas tersebut menunjukkan bahwa hampir seluruh sumber income telah dimiliki dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita saat ini, kebutuhan rutin bahkan kebutuhan yang akan datang.

Tentu saja tujuan hakiki kita adalah seluruh income kita berasal dari seluruh aset dan bukan dari gaji lagi. Sehingga dengan kata lain fokus kita bersama adalah bagaimana caranya mengembangbiakkah aset kertas, properti, royalti, lisensi, dsb yang lama kelamaan menjadikan aliran kas yang bersifat passive income. Nah apabila tujuan tersebut bisa tercapai dan bahkan bisa jauh melebihi seluruh kebutuhan rutin, saat ini bahkan masa depan maka tidak salah bila kita/Anda berhak disebut orang yang telah bebas finansial alias “financial freedom“. Selamat! dan mohon untuk sudi berbagi via blog ini.

*****

Update!
Bagaimana caranya agar bisa mencatat seluruh pemasukan & pengeluaran kita secara disiplin? Terhitung 1 Januari 2017 MyFamily Accounting sudah merilis aplikasi pengelolaan keuangan keluarga versi web dan Android secara gratis. Silakan register di www.cashoop.com

Advertisements

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s