Pengeluaran Rutin Jika Memiliki Mobil

Biasanya topik tentang mobil yang cukup menarik perhatian biasanya adalah tentang kredit mobil. Cukup jarang tulisan dan diskusi yang membahas tentang biaya-biaya apa saja yang sering dikeluarkan jika memiliki mobil. Nah, pada tulisan kali ini kita coba bahas bersama tentang pengeluaran rutin apa saja yang selalu dikeluarkan oleh pemilik mobil.

Memiliki kendaraan roda empat sangatlah diidam-idamkan oleh setiap orang. Banyak sekali manfaat yang dirasakan; seperti terhindar dari kepanasan, kehujanan, hingga bisa mengangkut banyak anggota keluarga sekaligus.
Namun, di balik kenyamanan yang dirasakan oleh pemilik mobil, maka terdapat biaya yang mesti dikeluarkan secara rutin.
Sengaja tulisan ini mengambil topik tentang apa saja dan berapa biaya-biaya yang mesti siap digelontorkan oleh pemilik mobil setiap minggu, bulan atau tahun. Dengan dipahaminya biaya-biaya yang muncul, maka bagi yang tengah berencana untuk memiliki mobil bisa mengetahui dan mengkalkulasi kembali dengan cermat.
Mari kita asumsikan mobil yang dimiliki adalah mobil standar kebanyakan dimiliki masyarakat Indonesia sekelas MPV, SUV atau sedan (tanpa menyebutkan merk). Adapun kapasitas mesin berkisar 1800-2000 CC dengan pemakaian rutin
setiap hari pergi-pulang dari rumah ke kantor dan keperluan lainnya.

Beberapa asumsi biaya rutin yang harus disiapkan adalah:
1. Bensin        = 1.000.000/bulan    = 12.000.000/tahun
2. Servis (tune up)     = 250.000/4 bulan    = 750.000/tahun
3. Ganti oli mesin    = 200.000/4 bulan    = 600.000/tahun
4. Pajak        = 2.000.000/tahun    = 2.000.000/tahun

Dengan demikian jika dikalkulasi, total biaya yang perlu dikeluarkan sang pemilik mobil adalah sebesar Rp. 15.350.000 setiap tahunnya atau Rp. 1.279.166 setiap bulannya atau Rp. 42.638 setiap harinya.

Sumber gambar: http://bisnis-jabar.com/index.php/2011/06/10-cara-pemborosan-uang-dalam-penggunaan-mobil/mobil-boros/

*****

Update!
Bagaimana caranya agar bisa mencatat & memantau biaya rutin kendaraan kita? Terhitung 1 Januari 2017 MyFamily Accounting sudah merilis aplikasi pengelolaan keuangan keluarga versi web dan Android secara gratis. Silakan register di www.cashoop.com

About MyFamily Accounting

Blog ini didedikasikan khusus untuk membahas lengkap tentang pengelolaan keuangan keluarga secara profesional. Selain itu juga dibahas juga produk software/piranti lunak MyFamily Accounting a.k.a Cashoop asli buatan anak negeri yang sangat membantu dan memudahkan seluruh keluarga dalam mengelola keuangan keluarganya. Sehingga hadirnya blog ini selain memberikan ilmu tentang manajemen keuangan keluarga, juga ada alat pendukung dalam praktek mengelola keuangan keluarga tersebut. Langsung coba aplikasi versi Web & Android secara gratis di www.cashoop.com. Semoga literasi finansial masyarakat Indonesia terus dan semakin meningkat..! Terima kasih Email : ardian2007@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Pengeluaran Rutin Jika Memiliki Mobil

  1. berarti pertahun kita dapat membeli sebuah Honda Vario CBS…. rugi gw kredit mobil padahal gk pernah di pake, cuma hiasan garasi dowang..

    Like

  2. kalo liat kalkulasi biaya yang dikeluarkan besar juga yah…apalagi di jalan kena macet mulu

    Like

  3. Nugik says:

    iya begitulahh _-

    Like

  4. harus coba says:

    Masih kecil dibanding biaya susu anak saya sebulan 😀

    Like

Leave a comment